Persenjatai Ukraina Lawan Rusia, Uni Eropa Habiskan Rp72 Triliun, Persiapan Serangan Balik?

- 28 Februari 2022, 16:15 WIB
Di tengah ketegangan yang masih berlanjut, Uni Eropa akan membiayai pembelian dan pengiriman senjata serta peralatan lainnya ke Ukraina.
Di tengah ketegangan yang masih berlanjut, Uni Eropa akan membiayai pembelian dan pengiriman senjata serta peralatan lainnya ke Ukraina. /Reuters

RINGTIMES BANYUWANGI – Di tengah konflik yang masih tak kunjung usai, Uni Eropa akan memperketat sanksi terhadap Rusia, menargetkan sekutu Rusia-Belarus dengan sejumlah langkah. 

Tak cukup di situ, mereka juga akan mendanai senjata bagi Ukraina untuk membantu mempertahankan diri terhadap invasi Rusia. 

"Untuk pertama kalinya, Uni Eropa akan membiayai pembelian dan pengiriman senjata dan peralatan lainnya ke negara yang diserang," kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Minggu, 27 Februari 2022.

Baca Juga: Video Viral Tank Tentara Rusia Kehabisan Bahan Bakar, Warga Ukraina: Mau Kubantu Derek Balik ke Rusia?

Selain hal tersebut, dia pun mengatakan Uni Eropa akan menutup wilayah udaranya untuk pesawat Rusia, termasuk jet pribadi oligarki Negeri Beruang Putih tersebut. 

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Pikiran-Rakyat.com dengan judul: Pertama dalam Sejarah, Uni Eropa Habiskan Rp72 Triliun untuk Persenjatai Ukraina Lawan Rusia 

Selain itu, blok tersebut akan melarang jaringan televisi milik negara Rusia, yakni Russia Today dan kantor berita Sputnik. 

Ursula von der Leyen mengatakan hal ini dilakukan untuk membuat mereka tidak dapat "menyebarkan kebohongan mereka untuk membenarkan perang Putin dan menabur perpecahan di Uni kita".

Baca Juga: Pembicaraan Rusia dan Ukraina Resmi Digelar Hari ini, Volodymyr: Saya Tidak Benar-benar Percaya Hasil 

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai 'operasi khusus' yang katanya tidak dirancang untuk menduduki wilayah. 

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x