Gunung Semeru Kembali Embuskan Awan Panas Sejauh 4.5 Km, Petugas Himbau untuk Waspada

- 3 Maret 2022, 19:00 WIB
Gunung Semeru kembali mengembuskan awan panas hingga 4.5 km dan mengakibatkan hujan abu vulkanik di beberapa daerah
Gunung Semeru kembali mengembuskan awan panas hingga 4.5 km dan mengakibatkan hujan abu vulkanik di beberapa daerah /Tangkapan layar CCTV BPBD Lumajang

RINGTIMES BANYUWANGI - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali mengeluarkan awan panas yang terhempas jauh hingga 4.5 km. 

Tepatnya Rabu kemarin Gunung Semeru mengembuskan awan panas pada malam hari saat pukul 22.15 Waktu Indonesia Barat (WIB). 

Berdasarkan pantauan seismograf Gunung Semeru mengeluarkan awan panas dengan catatan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi gempa 1.200 detik. 

Baca Juga: Jadi Kontroversi, Posko Bencana Semeru Menjadi Lokasi Syuting Sinetron

Sebagaimana yang dilansir dari laman Antara News pada Kamis, 3 Maret 2022, Joko Sambang selaku Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang membenarkan adanya guguran awan panas Gunung Semeru. 

Melalui telepon dia mengabarkan bahwa guguran awan panas tersebut terlihat oleh petugas Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur dan relawan juga sudah dikerahkan untuk bersiaga di Dusun Curah Kobokan.

Joko juga menambahkan bahwa pada pukul 22.46 WIB mereka telah membuat imbauan kepada warga sekitar untuk segera melakukan evakuasi mandiri. 

Baca Juga: Viral Video Muda-mudi Berfoto Ria di Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Khofifah: Jaga Perasaan Korban

Pada saat itu juga warga Dusun Sumbersari langsung melakukan evakuasi mandiri dengan meninggalkan rumahnya masing-masing dan mengungsi di tempat yang sudah disediakan.  

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah