Imbas Konflik Rusia-Ukraina, CIA Ingatkan Washington dan Taiwan Soal Invasi Beijing oleh China

- 10 Maret 2022, 09:26 WIB
Ilustrasi. CIA memperingatkan Washington dan Taiwan untuk mewaspadai China yang kemungkinan melakukan invasi Beijing, imbas dari invasi Rusia-Ukraina.
Ilustrasi. CIA memperingatkan Washington dan Taiwan untuk mewaspadai China yang kemungkinan melakukan invasi Beijing, imbas dari invasi Rusia-Ukraina. /Tangkapan layar Instagram/@rusiaucraina//

RINGTIMES BANYUWANGI – Konflik yang tengah terjadi antara Rusia dengan Ukraina masih bergejolak dan menjadi sorotan kancah internasional.

Diduga, Rusia yang menginvasi Ukraina tersebut dapat menimbulkan dampak tersendiri bagi negara-negara lain.

Menurut Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) atau yang biasa disebut dengan CIA membeberkan konflik Rusia-Ukraina dapat memicu konflik di negara lain.

Invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina kemungkinan dapat menjadi ajang percontohan negara lain yang hendak melakukan invasi pula.

Baca Juga: Rusia Terbitkan Daftar Resmi Negara Bagian yang Dianggap ‘Tidak Bersahabat’, Mana Saja?

Tak tanggung-tanggung, CIA pun turut menyinggung nama negara China yang kemungkinan dapat melakukan hal yang sama seperti Rusia-Ukraina.

Akan hal tersebut, CIA memperingatkan Washington dan Taiwan untuk mewaspadai kemungkinan invasi yang dilakukan China.

CIA menyebut China yang mengambil langkah 'cari aman' terkait konflik Rusia-Ukraina tetap harus diwaspadai karena Beijing masih menyimpan ambisi merebut Taiwan.

Direktur CIA, William Burns, berkata di sidang tahunan Komite Intelijen Dewan Perwakilan Rakyat AS menyebut invasi Rusia mungkin akan menginspirasi beberapa pihak untuk melancarkan operasi militer termasuk China.

Baca Juga: Dampak Konflik Rusia-Ukraina Harga Minyak Mentah Dunia Kian Melonjak, Pertamina Pastikan Pertalite Tidak Naik

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Depok.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x