Ratusan Rumah di Desa Kandangan Banyuwangi Terendam Banjir 1 Jembatan Putus

- 22 Maret 2022, 13:54 WIB
Satu wilayah Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi terendam banjir. 100 rumah warga terendam dan jembatan ambrol.
Satu wilayah Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi terendam banjir. 100 rumah warga terendam dan jembatan ambrol. /Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Satu wilayah Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi terendam banjir. Terdapat 100 rumah warga terendam dan jembatan penghubung antardusun Sumberjambe dengan Dusun Sumberdadi, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, putus akibat diterjang derasnya aliran banjir pada Senin sore, 21 Maret 2022. 

Kapolsek Pesanggaran, AKP Subandi mengatakan air diperkirakan setinggi 30 sentimeter itu merendamkan 100 rumah warga di wilayah Afdeling Sumbergandeng masuk kawasan PTPN XII Kebun Sumberjambe, desa setempat.

"Hujan lebat dengan intensitas tinggi sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, menyebabkan Sungai Karang Tambak wilayah setempat meluap," katanya, saat dikonfirmasi, 22 Maret 2022.

Baca Juga: Satu Rumah Warga Kalibaru Banyuwangi Tertimbun Longsor Akibat Hujan Lebat Berjam-jam

Akibatnya, ada sekitar 100 lebih rumah warga dengan penghuni sekitar 63 KK (Kartu Keluarga) tergenang, ketinggian air diprediksi sekitar 30 sentimeter dan sempat masuk ke rumah warga.

Sedangkan banjir juga menyebabkan jembatan penghubung antardusun Sumberjambe dengan Dusun Sumberdadi, Desa Kandangan ambrol dan menyebabkan arus dari kedua dusun tersebut putus.

"Jembatan ambrol karena diterjang derasnya arus Sungai Karang Tambah. Sehingga sekarang tidak bisa dilalui masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga: Wabup Sugirah Secara Resmi Melantik Mabi Saka Bakti Husada Kwarcab Banyuwangi

Sementara itu, meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp100 juta.

Sehingga, warga bersama aparat dan pemerintah setempat melakukan melakukan pembersihan sisa-sisa pasca banjir.***

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x