Banyuwangi Luncurkan Pelayanan Jasa Usaha Alsintan Terintegrasi

- 24 April 2022, 09:10 WIB
Banyuwangi Luncurkan Pelayanan Jasa Usaha Alsintan Terintegrasi
Banyuwangi Luncurkan Pelayanan Jasa Usaha Alsintan Terintegrasi /Humas Pemkab Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI – Dalam rangka peningkatan produktivitas, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi meluncurkan Pelayanan Jasa Usaha Alat dan Mesin Pertanian (alsintan) Terintegrasi atau disingkat Playu Anter. 

Program Playu Anter ini mengintegrasikan pelayanan konsultasi pertanian dengan penerapan budidaya modern menggunakan alsintan.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, mengatakan bahwa Playu Anter adalah pengembangan dari program E-Bilaperdu (Elektronik Mobil Layanan Pertanian Terpadu) yang sudah berjalan sebelumnya. 

Program Playu Anter adalah pelayanan jemput bola atas berbagai masalah pertanian yang dialami oleh petani. 

Baca Juga: Lapas Banyuwangi Gandeng Badan Intelijen Negara (BIN) Gelar Vaksinasi Booster untuK Warga Binaan

Layanan ini menggunakan mobil yang telah dimodifikasi menjadi klinik berjalan untuk menangani berbagai masalah pertanian dan peternakan. 

Seperti misalnya masalah hama wereng di musim penghujan, masalah irigasi, dan mengatasi ternak yang sakit.

Para petani dapat berkonsultasi tentang berbagai permasalahan pertanian melalui aplikasi e-Bilaperdu yang bisa diunduh melalui playstore.

“Fasilitas ini sedang dalam tahap pengembangan. Ke depan, selain petani bisa berkonsultasi masalah pertanian, mereka juga bisa mengakses layanan jasa alsintan untuk mendukung kegiatan budidaya, mulai dari hulu hingga hilir,” kata Bupat Ipuk saat meninjau pelaksanaan program Playu Anter di Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x