Rusia Resmi Menghentikan Pengiriman Gas ke Polandia dan Hungaria Mulai Rabu Malam

- 28 April 2022, 07:40 WIB
Ilustarasi gas alam di Rusia. Rusia resmi menghentikan pengiriman gas alam ke negara Polandia dan Ukraina. Saat ini keduanya sedang mencari alternatif lain.
Ilustarasi gas alam di Rusia. Rusia resmi menghentikan pengiriman gas alam ke negara Polandia dan Ukraina. Saat ini keduanya sedang mencari alternatif lain. /Tangkapan layar Youtube channel TDC/

RINGTIMES BANYUWANGI – Pejabat Polandia dan Bulgaria mengatakan bahwa Rusia menghentikan pengiriman gas alam ke negara mereka karena penolakan membayar dalam rubel Rusia, sesuai permintaan Presiden Vladimir Putin Pada Selasa, 26 April 2022.

Dari pihak Gazprom, energi raksasa Rusia menghentikan pengiriman gas alam akan dihentikan mulai Rabu malam dan telah disampaikan kepada Polandia dan Hungaria yang merupakan anggota NATO dan Uni Eropa.

Pengumuman menghentikan pengiriman gas alam menjadi gertakan pertama yang direalisasi oleh Rusia sejak pengumuman Putin pada bulan lalu bagi pembeli asing yang tidak ramah Rusia wajib bertransaksi menggunakan rubel, bukan lagi dolar atau euro. Polandia dan Hungaria masuk ke dalam daftarnya.

Baca Juga: 4 Negara yang Sering Bermusuhan dengan Amerika Serikat, Rusia Kini Nomor Satu

Reaksi penolakan dilakukan banyak negara atas permintaan tersebut karena dianggap sebagai pelanggaran kontrak sepihak yang tidak dapat diterima.

Dilansir dari AP News pada Rabu, 27 April 2022 jika pengiriman dihentikan ke negara yang lain, kesulitan ekonomi akan terjadi di sepanjang daratan Eropa dan mendorong harga gas alam akan meluncur naik dan akan terjadi penjatahan gas alam.

Hal itu yang dapat memberikan pukulan ekonomi bagi Rusia sendiri.

Pipa Gas Perusahaan Polandia

Pemutusan gas alam akan mempengaruhi pengiriman gas Rusia ke Polandia melalui pipa Yamal-Eropa.

Baca Juga: Pernyataan Berbahaya NATO, Buat Perang Rusia-Ukraina Terancam Meluas Hingga ke Eropa

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: AP News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x