Usung Kearifan Lokal, Pagelaran Wayang Kulit Ramaikan World Surf League di Banyuwangi

- 28 Mei 2022, 17:00 WIB
Pagelaran wayang kulit ditampilkan menyambut World Surf League di Banyuwangi yang mengusung kearifan budaya lokal.
Pagelaran wayang kulit ditampilkan menyambut World Surf League di Banyuwangi yang mengusung kearifan budaya lokal. /Rahmawati Setyoardinie/Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI – Berbagai rangkaian pagelaran seni budaya, ditampilkan Banyuwangi menyambut World Surf League (WSL), di Pantai Plengkung (G-Land) Alas Purwo, Banyuwangi, 28 Mei-6 Juni 2022.

Salah satunya mengusung kearifan lokal, Banyuwangi menggelar pagelaran wayang kulit di Pasar Wisata Jatian, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo selama semalam suntuk sebelum kompetisi dimulai.

Pertunjukan wayang kulit yang digelar Kamis, 25 Mei 2022 malam mengangkat lakon Dewa Ruci yang dibawakan oleh Ki Dalang Ichwan Dwi Purbocarito.

Baca Juga: Antusiasme Para Peselancar Terbaik Dunia di WSL Banyuwangi: Ini Ajang Paling Keren

"Terima kasih atas semua partisipasi masyarakaat dan aparat yang semuanya kompak untuk menyukseskan WSL," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sabtu (28 Mei 2022).

Pertunjukan wayang tersebut ditonton ribuan warga dari desa sekitar. Mereka sangat antusias menyaksikan tontonan tersebut hingga larut.

"Semoga pagelaran ini selain menjadi hiburan juga pendidikan sekaligus melestarikan budaya. Dalam rangka memeriahkan rangkaian WSL, kami sengaja gelar wayangan sebagai bentuk selamatan dan budaya warga," tambah Ipuk.

 Baca Juga: Kejuaraan Surfing Paling Bergengsi Dunia Resmi Dibuka, Menpora: Terima Kasih Banyuwangi

Mengiringi WSL, beragam sajian seni budaya digelar di kawasan TN Alas Purwo. Seperti wayang kulit, jaranan buto, dan beragam tarian daerah yang dipusatkan di pasar wisata Jatian.

“Kami mengenalkan beragam seni budaya Banyuwangi kepada masyarakat luas. Khususnya kepada para pesurfer dan turis mancanegara lainnya yang sedang hadir dalam event WSL kali ini,” terang Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x