Perkuat Desa Wisata, APKASI Gelar Bimtek di Banyuwangi

- 2 Juni 2022, 19:10 WIB
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) berkomitmen untuk memperkuat desa wisata yang ada di Banyuwangi.
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) berkomitmen untuk memperkuat desa wisata yang ada di Banyuwangi. /Rahmawati Setyoardinie /Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) berkomitmen memperkuat desa wisata yang dikembangkan oleh pemerintah kabupaten. Seperti halnya yang sedang digenjot oleh Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Untuk memperkuat hal tersebut, APKASI dan Pemkab Dharmasraya menggelar bimbingan teknis Pengembangan dan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Masyarakat, Potensi Lokal dan Ketahanan Pangan di Banyuwangi selama empat hari.

Diikuti oleh 34 kepala nagari atau kepala desa di daerah berjuluk Ranah Cati Nan Tigo itu.

Baca Juga: Kembangkan Medical Tourism, Banyuwangi Segera Miliki Layanan Senior Living

"Pada kesempatan ini kita belajar dari Banyuwangi yang telah lebih dahulu sukses mengembangkan desa wisatanya," ungkap Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang saat pembukaan kegiatan di Hotel El Royal Banyuwangi, Kamis (2 Mei 2022).

Sarman menyebutkan bahwa alam di Dharmasraya memiliki potensi yang tak jauh berbeda dengan Banyuwangi.

"Tinggal kita belajar pengelolaannya. Bagaimana memanfaatkan potensi kita dan memaksimalkan berbagai perangkat yang ada. Seperti media sosial dan lain sebagainya," terangnya.

Baca Juga: Sambut Hari Lahir Pancasila, Pokmaswas Karangdoro Tabur 50 Ribu Bibit Ikan Bersama Dinas Perikanan Banyuwangi

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang membuka bimtek tersebut menyebutkan bahwa desa wisata di Banyuwangi ini berbasis eco-tourism.

Sehingga wisata yang dikembangkan mengedepankan keindahan alam dan keluhuran seni-budaya.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x