Korlantas Polri Melarang Pengendara Motor Menggunakan Sandal Jepit

- 15 Juni 2022, 10:50 WIB
Kakorlantas Polri memberikan himbauan kepada pengendara motor agar menggunakan sandal jepit ketika hendak berkendara.
Kakorlantas Polri memberikan himbauan kepada pengendara motor agar menggunakan sandal jepit ketika hendak berkendara. /Pikiran Rakyat/ Muhammad Rizky Pradila/

RINGTIMES BANYUWANGI - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menghimbau kepada pengendara kendaraan motor untuk tidak menggunakan alas kaki seadanya, seperti sandal jepit saat berkendara.

Korlantas Polri saat itu diwakilkan oleh Irjen Pol Firman Shantyabudy di Polda Metro Jaya pada Senin, 13 Juni 2022 mengatakan bahwa, jika sudah pakai motor artinya kulit bersentuhan langsung dengan aspal.

Di mana ketika sudah berkendara artinya pengendara motor sudah akan berhadapan dengan api, bensin, kecepatan, dan jika semakin cepat artinya perlindungan semakin minim.

Baca Juga: Polri Terapkan Ganjil Genap Saat Mudik Lebaran 2022, Catat Tanggalnya

Jika terjadi hal yang tidak diinginkanlah terkait dengan di atas itu, Firman menyebutnya fatalitas.

Firman menjelaskan nyawa adalah salah satu yang paling penting saat berkendara. Sehingga Firman berharap masyarakat dapat lebih peduli dengan perlengkapan saat berkendara guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Kalau dibilang sepatu mahal, baju pelindung mahal, ya lebih mahal mana dengan nyawa kita? Tolong itu juga dijadikan pertimbangan sehingga untuk keluar dengan kendaraan roda dua sudah siap dengan perlengkapan yang ada,” imbaunya dilansir dari laman NTMC Polri.

Baca Juga: Korban Investasi Bodong EA Copet Rugi Miliaran Rupiah, Bareskrim Polri Periksa Owner dan Afiliator

Firman berharap pengendara motor tidak bersikap menggampangkan perlengkapan untuk berkendara. Ia menghimbau agar pengendara memiliki helm yang berstandar baik dan alas kaki yang benar agar meminimalisasi cedera bila terjadi kecelakaan.

“Ini gunanya helm standard, pakai sepatu, masih banyak yang pakai sandal karena menggampangkan begitu saja. Semoga kita tidak termasuk,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: NTMC Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x