Menjadikan Sampah Plastik Menjadi Paving Block, Toni Permana Menjadi Sosok Inspiratif

- 17 Juni 2022, 15:45 WIB
Menjadikan Sampah Plastik Menjadi Paving Block, Toni Permana Menjadi Sosok Inspiratif
Menjadikan Sampah Plastik Menjadi Paving Block, Toni Permana Menjadi Sosok Inspiratif /instagram./ Jabar Quick Response/

RINGTIMES BANYUWANGI – Banyak orang yang tidak tahu bahwa, sampah yang tidak bisa terurai seperti plastik, ternyata mampu disulap menjadi sebuah paving block, loh!

Dilansir dari Instagram Jabar Quick Response, 17 Juni 2022, salah satu warga asal Kabupaten Bandung Barat yang bernama Toni Permana (37) mampu merubah sampah plastik menjadi paving block.

Toni mampu merubah sampah plastik yang di mata orang awam tidak memiliki nilai ekonomis, menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis yakni paving block.

Perlu diketahui, secara umum pembuatan paving block itu berbahan dasar pasir dan semen, akan tetapi Toni mampu mengganti badan dasarnya menjadi sampah plastik. 

Baca Juga: Kemenag Ogah Sebut Lembaga Pendidikan Khilafatul Muslimin Sebagai Pesantren

“Betul saya dan warga lainnya membuat paving block dari sampah plastik yang sudah tidak terpakai. Misalnya dari bungkus mie, kopi, permen yang tidak lagi bisa dimanfaatkan,” ucapnya.

Melakoni pembuatan paving block dari sampah ini, berawal dari keresahan hatinya melihat sampah yang berserakan di lingkungan rumahnya.

Dari situ ia berinisiatif dan mengajak warga sekitar untuk membuat paving block yang berbahan dasar dari sampah plastik.

Memulai dari tahun 2017, dirinya bersama dengan rekan-rekannya mencoba memulai mengumpulkan sampah plastik seperti bungkus mie, kopi, dan bungkus sampo sachet dari warga sekitar. 

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x