Gunung Ile Lewotolok Kembali Meletus, Pos Pemantau: Masyarakat Waspada Potensi Ancaman Bahaya Lahar

- 17 Juni 2022, 14:36 WIB
Gunung Ile Lewotolok Kembali Meletus. Pos Pemantau: Masyarakat Waspada Potensi Ancaman Bahaya Lahar
Gunung Ile Lewotolok Kembali Meletus. Pos Pemantau: Masyarakat Waspada Potensi Ancaman Bahaya Lahar /ANTARA/Kornelis Kaha

RINGTIMES BANYUWANGI – Berdasarkan laporan dari pos pemantau Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengalami erupsi kembali.

Dilansir dari Antaranews, 17 Juni 2022, tercatat pada pos pemantau, ketinggian abu yang dikeluarkan oleh Gunung Ile Lewotolok mencapai kurang lebih 1.000 meter di atas puncak gunung.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok Stanis Arakian, dikutip dari Antaranews, 17 Juni 2022.

Ia menjelaskan erupsi ini telah terekam di seismogram dengan amplitude maksimum 33 milimeter dan durasi kurang lebih 48 detik. 

Baca Juga: WHO Temukan Virus Cacar Monyet di Dalam Air Mani

“Letusan yang terjadi akibat erupsi tersebut disertai dengan gemuruh yang lemah,” ujarnya.

Menurut dari keterangannya, letusan yang terjadi akibat pemanasan lava dari dalam kawah memicu Gunung Ile Lewotolok terus mengalami erupsi.

Selain itu, ia menambahkan berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara keseluruhan pada, 8 Juni 2022 tingkat aktivitas Gunung Api Ilek Lewotolok masih dalam status siaga dengan rekomendasi terbaru yang disesuai dengan ancaman bahaya saat ini.

Pada status siaga atau Level III, masyarakat yang berada di sekitar Gunung Ile Lewotolok atau para pengunjung, diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 km dari puncak Gunung.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x