Maraknya Virus PMK, Warga dan Relawan Gunakan Eco Enzyme Sebagai Pengganti Vaksin

- 17 Juni 2022, 21:10 WIB
Maraknya Virus PMK, Warga dan Relawan Gunakan Eco Enzyme Sebagai Pengganti Vaksin
Maraknya Virus PMK, Warga dan Relawan Gunakan Eco Enzyme Sebagai Pengganti Vaksin /LDII /

RINGTIMES BANYUWANGI - Terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang dialami hewan-hewan ternak, beberapa relawan di Kabupaten Malang berinisiatif menyembuhkan hewan ternak yang terjangkit menggunakan eco enzyme.

Keterangan yang dilontarkan dari pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) setempat, sejumlah relawan menyisir ke seluruh wilayah di sana untuk mengatasi wabah.

Pengakuan dari Kepala DPKH Kabupaten Malang, Nurcahyo, mengatakan kalau penggunaan eco enzyme ini sudah dilakukan sebelum Pemda memprogramkannya ke peternak.

“Untuk penggunaan eco enzyme, itu dilakukan para relawan dengan salah satu universitas. Dilakukan untuk pengobatan PMK di sejumlah wilayah. Namun, kami belum memprogram penggunaan eco enzyme itu untuk PMK,” kata Nurcahyo. 

Baca Juga: Berulah Lagi, Demi Konten Nakes Asyik Joget Saat Bumil Mengalami Kontraksi

Kecamatan Ngantang, Kecamatan Pujon, dan Kecamatan Kasembon merupakan wilayah yang akan menjadi target dari pengobatan eco enzyme yang dilakukan oleh para relawan.

Dilihat dari laporan yang sudah diterima, Nurcahyo mengatakan Gerakan inisiatif yang dilakukan oleh para relawan menunjukkan hasil yang positif.

Setelah diberi obat eco enzyme, kondisi hewan ternak yang terjangkit wabah PMK sudah mulai membaik dan perlahan pulih total.

“Kami sejauh ini sebatas mendapatkan informasi terkait penggunaan eco enzyme. Kalau Yang dilaporkan kepada kami, sapi-sapi yang terkena PMK mulai sembuh usai menggunakan eco enzyme,” ucap Nurcahyo. 

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x