Antisipasi Penyebaran PMK, Banyuwangi Tuntaskan Vaksin Tahap Pertama 3.300 Ekor Sapi

- 28 Juni 2022, 13:45 WIB
Pemkab Banyuwangi tuntaskan vaksin tahap pertama kepada 3.300 ekor sapi guna antisipasi penyebaran PMK.
Pemkab Banyuwangi tuntaskan vaksin tahap pertama kepada 3.300 ekor sapi guna antisipasi penyebaran PMK. / Rahmawati Setyoardinie/Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Sebanyak 3.300 sapi di Banyuwangi telah disuntik vaksin Penyakit Kuku dan Mulut (PMK).

Jumlah tersebut sesuai dengan dosis vaksinasi PMK yang diterima Banyuwangi pada tahap pertama ini.

"Vaksinasi tahap pertama sudah kita lakukan. Hingga kemarin sudah 3 ribu sapi divaksin, sisanya Inshaallah tuntas hari ini setelah empat hari kita keliling vaksinasi," papar Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, M. Khoiri, Selasa (28 Juni 2022).

Khoiri menjelaskan bahwa vaksinasi PMK kali ini diprioritaskan untuk sapi perah. Selain karena angka kasus PMK di sapi perah cukup tinggi, hal ini juga dilakukan untuk menjaga pasokan susu.

 Baca Juga: Manjakan Penggemar Sepeda, Banyuwangi Sukses Gelar ‘Erek-Erek Enduro’ di Trek Gunung Ijen

"Populasi sapi perah di Banyuwangi sekitar 700 ekor, tersebar di sejumlah kecamatan. Ini yang menjadi prioritas utama kami," urai Khoiri.

Selebihnya, lanjut Khoiri, vaksin akan disuntikkan kepada sapi potong yang berada di sekitar kawasan sapi perah, maupun wilayah-wilayah rentan. Seperti, sekitar kejadian PMK, perbatasan, atau wilayah dengan populasi ternak tinggi.

"Kita lakukan sistem ring vaccination. Tidak semua ternak di wilayah itu akan divaksin. Selain sapi yang di area sapi perah, vaksin juga diberikan pada sapi yang berada di wilayah-wilayah pinggiran yang berbatasan dengan desa/kecamatan sekitar," terang Khoiri.

 Baca Juga: Bupati Ipuk Ajak Masyarakat Banyuwangi Tingkatkan Etos Kerja dengan Sholawat Badar

"Mohon masyarakat bersabar. Saat ini pemerintah memang masih fokus pada sapi perah dan potong. Namun secara bertahap ternak yang lain juga akan mendapat giliran," kata Khoiri.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x