ASN Ini Kaget Jika Biaya Operasi Sesarnya Ditanggung Penuh Oleh JKN

- 30 Juni 2022, 13:15 WIB
Sri Indrastuti membagikan pengalamannya ketika ia menggunakan kartu JKN.
Sri Indrastuti membagikan pengalamannya ketika ia menggunakan kartu JKN. /Dok. Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi Sri Indrastuti membagikan pengalamannya ketika ia menggunakan kartu JKN.

Kala itu, ia harus operasi sesar anak pertama di salah satu rumah sakit di Wilayah Banyuwangi.

Ia merasa kaget ketika selesai operasi dan akan pulang ke rumah, ternyata tidak ada biaya apapun yang ditagihkan rumah sakit kepadanya.

Baca Juga: Pengobatan Terjamin dan Pelayanan Sangat Baik, Warga Ini Bersyukur Menjadi Peserta JKN

“Saya kaget sekali ketika suami mengatakan bahwa semuanya sudah ditanggung sama JKN, padahal saya dan suami sudah menyiapkan puluhan juta untuk biaya operasi ini. Tapi alhamdulillah semuanya gratis dan saya bisa pulang sama anak saya dengan keadaan sehat,” ujarnya.

Selain operasi sesar, Asisten Rumah Tangga (ART) Sri pun sudah pernah merasakan manfaat dari program tersebut.

Kala itu, ART nya harus dirawat selama 3 hari di rumah sakit karena tifus. Sri sengaja mendaftarkan ART nya menjadi peserta JKN karena sudah menjadi tanggung jawabnya.

Baca Juga: Peserta Ini Lalui Persalinan Kembar Tanpa Biaya Berkat JKN

“ART di rumah saya sudah saya daftarkan yang mandiri kelas tiga, hal itu karena sudah menjadi kewajiban saya melindungi kesehatannya. Terbukti, kala itu ART saya sakit tifus dan harus dirawat,”

Sri mendapatkan kemudahan lain dari Program JKN ini, diantaranya pembayaran autodebit, ia merasa terbantu dengan hal itu karena pembayaran iuran JKN setiap bulan untuk ART nya tidak lupa karena sudah langsung di debit dari rekening pribadinya.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x