Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini, Banyuwangi Akan Perkuat Layanan PAUD Holistik Integratif

- 30 Juni 2022, 18:45 WIB
Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini, Banyuwangi Perkuat Layanan PAUD Holistik Integratif
Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini, Banyuwangi Perkuat Layanan PAUD Holistik Integratif /Dok. Pemkab Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani terus mendorong implementasi layanan pendidikan anak usia dini Holistik Integratif (PAUD HI). 

Menurut Ipuk, hal ini sangat penting mengingat usia dini merupakan periode emas (golden period) yang menentukan kualitas seseorang di masa yang akan datang.

"Usia dini merupakan periode emas yang akan menentukan perkembangan mereka pada tahap selanjutnya. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini,” kata Ipuk saat menghadiri workshop Bunda PAUD di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Kamis 30 Juni 2022. 

Baca Juga: Siswi asal Banyuwangi Wakili Jatim Jadi Paskibraka di Istana Negara

Maka, lanjut Ipuk, pendidikan dan pemenuhan hak-hak dasar anak usia dini menjadi sesuatu yang sangat penting sehingga ke depan bisa mencetak generasi yang berkualitas dan berdaya saing. 

PAUD HI dilakukan secara holistik atau menyeluruh, dimulai dengan memberikan layanan bimbingan perkawinan kepada calon pengantin, dilanjutkan layanan bagi ibu hamil dan anak sejak dalam kandungan hingga berusia 6 tahun. 

Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan esensial anak. Meliputi layanan pendidikan, layanan kesehatan dan gizi,  layanan pengasuhan, layanan perlindungan, serta layanan kesejahteraan. 

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Lantik 2 Kades Pergantian Antar Waktu

“Implementasinya membutuhkan kolaborasi dan sinergi semua pihak. Ini bukan hanya tugas Dinas Pendidikan saja, namun butuh kerjasama para orang tua, OPD, dan berbagai pihak lainnya,” kata Ipuk.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x