JFF dan PMI Banyuwangi Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Bantu 300 Warga

- 25 Juni 2022, 13:00 WIB
PMI Cabang Banyuwangi bersama John Fawcett Foundation (JFF)  adakan bakti sosial operasi katarak gratis bagi 300 warga Banyuwangi.
PMI Cabang Banyuwangi bersama John Fawcett Foundation (JFF) adakan bakti sosial operasi katarak gratis bagi 300 warga Banyuwangi. / Rahmawati Setyoardinie/Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – PMI Cabang Banyuwangi bersama John Fawcett Foundation (JFF) kembali menggelar operasi katarak gratis bagi warga Banyuwangi.

Sebanyak 300 orang akan dilakukan operasi mata katarak tanpa dikenakan biaya.

Manajer John Fawcett Foundation (JFF) Komang Wardana menjelaskan bahwa JFF secara ajeg bersama PMI Banyuwangi menggelar bakti sosial pengobatan gratis di Banyuwangi. Tiap tahun, rutin digelar kegiatan serupa sebanyak dua kali.

 Baca Juga: Komunitas Mercedes Benz Tiger Club Gelar Gathering di Banyuwangi

“Kegiatan ini merupakan tahun yang kedelapan sejak tahun 2014 hingga 2021, total pemeriksaan mata pada 17.169 orang, operasi katarak telah dilaksanakan pada 2.090 orang, pemasangan bola mata palsu pada 90 orang, pemberian kacamata pada 9.750 orang, pengobatan mata pada 5.380 orang dan pemeriksaan mata pada 3.831 anak,” terang Komang.

Bakti sosial yang digelar di kantor PMI Banyuwangi tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Ipuk Fiestiandani pada Rabu (22 Juni 20222).

Khusus tahun ini, dilaksanakan operasi katarak untuk 300 orang, pemasangan bola mata palsu sebanyak 15 bola mata, kacamata gratis ada 700 kacamata, pengobatan untuk 300 orang, dan pemeriksaan mata di SD Negeri Pakis dan SD Negeri Kebalenan. Operasi katarak dilakukan selama lima hari, 22 – 26 Juni 2022.

 Baca Juga: Siapkan Generasi Siaga Bencana, Banyuwangi Masifkan 'Tagana Masuk Sekolah'

“Kami telah menjalin kerjasama dengan Pemkab Banyuwangi, dan berharap kerjasama ini bisa berjalan terus untuk meningkatkan derajat kesehatan warga.

Terima kasih banyak kami ucapkan kepada Ibu Bupati Banyuwangi beserta jajarannya, juga Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) Jawa Timur, para dokter yang terlibat, para relawan, dan tim JFF sehingga bakti sosial ini bisa terlaksana,” kata Komang.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x