Status Gunung Raung Naik Level Menjadi Waspada

- 29 Juli 2022, 17:00 WIB
Gunung Raung. Status Gunung Api Raung saat ini naik level menjadi level II yakni waspada dikarenakan kondisi kawah yang belum stabil
Gunung Raung. Status Gunung Api Raung saat ini naik level menjadi level II yakni waspada dikarenakan kondisi kawah yang belum stabil /Moch. Rifqi Wildan/Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI - Gunung Api Raung kembali menunjukkan aktivitasnya. Terpantau oleh Badan Geologi pada Jumat, 29 Juli 2022, pukul 08.00 WIB kondisi kawah Gunung Api Raung belum stabil. Membuat status Gunung Api Raung dinaikkan dari level I (Normal) menjadi level II (Waspada).

Sebelumnya pada tanggal 27 Juli pukul 17.19. Gunung Api Raung yang terletak di wilayah Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember mengalami letusan secara tiba-tiba.

Baca Juga: Bangkit dari Pandemi, UMKM Kerupuk di Banyuwangi Raup Untung Rp12 Juta per Bulan

Letusan Gunung Api Raung hanya terjadi beberapa menit. Status Waspada telah diturunkan menjadi Normal. Namun setelah aktivitas muncul, status Waspada kembali diberlakukan saat ini.

"Potensi ancaman bahaya saat ini berupa kotoran material batu pijar, namun hanya sebatas di dalam kawah sedangkan material berukuran abu dapat tersebar lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin," ujar Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono kepada pewarta Ringtimes Banyuwangi, Jumat 29 Juli 2022.

Baca Juga: Homestay Naik Kelas Banyuwangi Raih ‘TOP 45’ Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB

Sehubungan dengan tingkat aktivitas Gunung Api Raung Waspada level II maka, Eko menyarankan agar masyarakat atau pengunjung tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 km.

Masyarakat di sekitar Gunung Api Raung tidak terpancing isu-isu tentang erupsi gunung dan agar senantiasa mengikuti arahan dari BPBD provinsi Jawa Timur dan BPBD kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember.

Baca Juga: Gunung Raung Erupsi, Warga Sidomulyo Tetap Beraktivitas Seperti Biasa

Halaman:

Editor: Rika Wulandari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x