Inovasi Produk Pertanian, Anak Muda Pesanggaran Coba Menyelamatkan Petani Buah Naga

- 7 Januari 2023, 11:24 WIB
Ardianto Putra Dilaga, anak muda asal Pesanggaran yang sukses menginovasi (Menemukan dan Membrending) buah naga menjadi bahan utama wine.
Ardianto Putra Dilaga, anak muda asal Pesanggaran yang sukses menginovasi (Menemukan dan Membrending) buah naga menjadi bahan utama wine. /Alfian Adha / Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI - Ardianto Putra Dilaga, anak muda asal Pesanggaran yang sering disapa Aga naga merah memang mengagumkan.

Pasalnya, naga merah yang melekat pada dirinya bukan hanya julukan semata, sebutan itu ia dapatkan karena dia mampu  menginovasi (Menemukan dan Membrending) buah naga menjadi bahan utama wine.

"Kami mencoba berinovasi untuk mengolah buah naga menjadi bahan utama wine. Bahkan kami menemukan cita rasa yang khas didalamnya, wine dari buah naga adalah varian baru untuk menikmati cita rasa wine,” tuturnya kepada Ringtimes Banyuwangi pada Jumat, 6 Januari 2023.

 Baca Juga: Jokowi Akan Hadiri Festival Islam Nusantara di Banyuwangi, Simak Rangkaian Kunjungannya

Cerita Aga bisa menemukan wine dengan bahan utama buah naga itu berawal dari keresahannya terhadap menurunnya nilai jual hasil panen buah naga.

Melimpahnya hasil panen yang tidak seimbang dengan kebutuhan pasar, menjadi faktor utama nilai jual buah naga menurun drastis sampai petani membuang hasil panennya ke sungai.

"Karena prihatin dengan nilai jual komoditi pertanian (buah naga) ini, saya mencoba mulai meriset produk turunannya berupa wine. Riset pertama saya lakukan pada tahun 2019. Saya butuh dua tahun baru bisa menentukan resep wine dengan cita rasa yang khas seperti saat ini,” sambungnya.

 Baca Juga: Berpartisipasi untuk Pemilu, Peserta Tes PPS Banyuwangi Antusias

Ide dan inovasi membuat wine dengan bahan baku utama buah naga ini tidak serta-merta muncul begitu saja.

Menurut pemuda asal Pesanggaran ini dirinya terinspirasi dari wine (minuman hasil fermentasi dari sari buah anggur), dan berbekal pengalamannya memproduksi wine dengan cita rasa buah seperti apel dan salak, membuat dirinya yakin mampu membuat wine dengan cita rasa yang berbeda.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x