Hadiri Harlah NU, Jokowi Ajak Umat Lestarikan Budaya Nusantara

- 10 Januari 2023, 11:37 WIB
Dalam peringataan satu Abad NU di Banyuwangi, Presiden Jokowi memberikan pesan mengenai pentingnya menjaga seni dan budaya nusantara.
Dalam peringataan satu Abad NU di Banyuwangi, Presiden Jokowi memberikan pesan mengenai pentingnya menjaga seni dan budaya nusantara. /Fitri Anggiawati / Ringtimes Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI- Presiden Joko Widodo menghadiri Shalawat dan Festival Islam Nusantara pada Senin, 9 Januari 2023.

Dalam agenda peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU) tersebut ia memberikan pesan-pesan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga seni dan budaya nusantara.

“Saya ingin mengajak umat Islam di seluruh penjuru tanah air, khususnya warga Nahdlatul Ulama untuk ikut menjaga dan melestarikan kekayaan budaya nusantara yang beragam,” katanya.

Baca Juga: Bersarung Hijau, Jokowi Tiba di Banyuwangi

Ia juga meminta seni dan budaya menjadi bagian dari dakwah dan syiar untuk membangun peradaban, membawanya tetap eksis dan mampu berdaptasi dengan kemajuan zaman di masa depan.

Jokowi pun menegaskan bahwa umat harus belajar dari alim ulama di masa lalu, diantaranya Wali Songo yang memilih jalan kebudayaan dalam menjalankan dakwah dan syiar Islam.

“Membuat ajaran Islam bisa bersanding dan menjiwai kebudayaan-kebudayaan yang ada di daerah-daerah di Tanah Air yang beragam serta berkontribusi besar membangun peradaban Nusantara,” tutur Presiden ke-7 Indonesia tersebut.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata di Bali yang Dapat Membuat Anda Healing

Lanjutnya, ia juga menyebut berkat kearifan alim ulama, bangsa Indonesia yang beragam dapat menjadi kokoh, rukun, dan bersatu.

Berkat kearifan alim ulama pula disebutnya Indonesia memiliki seni budaya dengan corak keislaman yang kokoh, yang telah beradaptasi dan mewarnai corak ragam kebudayaan Indonesia.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x