Didominasi Pemain Lokal, Barongsai Hoo Tong Bio Pukau Warga Banyuwangi

- 22 Januari 2023, 15:05 WIB
Atraksi barongsai menjadi agenda yang tak terpisahkan dalam perayaan Imlek, Seperti halnya yang dirayakan oleh Klenteng Hoo To Banyuwangi.
Atraksi barongsai menjadi agenda yang tak terpisahkan dalam perayaan Imlek, Seperti halnya yang dirayakan oleh Klenteng Hoo To Banyuwangi. /Fitri Anggiawati.doc

RINGTIMES BANYUWANGI- Dalam rangka perayaan Imlek, atraksi barongsai menjadi agenda yang tak terpisahkan. 

Seperti halnya Imlek yang dirayakan oleh Klenteng Hoo Tong Bio yang berlokasi di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi. 

Di klenteng berusia ratusan tahun itu turut menampilkan atraksi barongsai yang ditampilkan terbuka untuk masyarakat umum dari semua kalangan. 

Baca Juga: 3 Tempat Wisata Bekasi yang Bisa Dikunjungi Saat Berlibur Bersama Keluarga

Uniknya, para pemain barongsai di klenteng ini mayoritas adalah warga lokal yang tergabung dalam komunitas yang dibina oleh pihak Klenteng Kwan Sing Bio. 

“Total ada 36 orang (pemain),” ungkap Pembina Klenteng Hoo Tong Bio sekaligus pembina barongsai Soegianto pada 21 Januari 2023.

Ia menyebut jumlah tersebut banyak terdiri dari pemain berusia sekolah, diantaranya pemain tambur yang berusia sekitar 13 hingga 15 tahun. 

Baca Juga: 4 Tempat Wisata di Pekalongan yang Miliki Keindahan Alam dan Estetik

Soegianto juga menuturkan bahwa barongsai yang identik dengan kebudayaan Tiongkok, kini dapat diperankan oleh siapapun. 

Mantan pemain barongsai tersebut juga menerangkan bahwa warisan budaya barongsai kini juga banyak diteruskan oleh warga lokal non etnis Tionghoa. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x