PMI Banyuwangi Gelar Operasi Katarak Gratis untuk 500 Warga

- 23 Juni 2023, 14:00 WIB
Pemeriksaan katarak di PMI Banyuwangi.
Pemeriksaan katarak di PMI Banyuwangi. /Istimewa/

RINGTIMES BANYUWANGI– Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Banyuwangi bersama John Fawcett Foundation (JFF) kembali menggelar operasi katarak gratis yang kali ini, diperuntukkan bagi 500 warga Banyuwangi.

Kegiatan tersebut digelar di kantor PMI Banyuwangi, selama lima hari, 20-24 Juni 2023. 

"Atas nama pemerintah kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. Bantuan ini sangat besar manfaatnya bagi warga yang membutuhkan layanan kesehatan mata," ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani yang membuka acara tersebut secara virtual pada Selasa, 20 Juni 2023.

Baca Juga: Dukung Kesetaraan, DPRD Banyuwangi Bahas Raperda Inisiatif Dewan Tentang Pengarusutamaan Gender

"Kami berharap kolanorasi i i antara pwmkab, PMI, dan John Fawcett Foundation akan terus berlanjut memhingat manfaatnya," imbuh Ipuk.

Ketua PMI Banyuwangi, Mudjiono, menjelaskan operasi katarak mata gratis diperuntukkan bagi warga yang kurang mampu.  

“tahun ini memasuki tahun ke-delapan pelaksanaan. Digelar sejak 2014, tercatat operasi katarak telah dilakukan untuk 2.606 orang. Selain itu, sebanyak 120 mata palsu juga telah dipasang. Lalu ada 11.592 diberikqn kacamata, 6.468 orang menjalani pengobatan mata, dan 6.812 anak menjalani proses screening mata,” terang Mudjiono.

Khusus tahun ini, operasi katarak disasarkan bagi 500 orang, pemasangan bola mata palsu untuk 30 orang, kacamata gratis ada 1842 kacamata, dan pengobatan untuk 1.088 orang. 

Pada kesempatan itu, juga diberikan 1000 tangan bionik dengan 3D Printer bekerjasama dengan Direktorat Riset & Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x