Media Asing Soroti Temuan Lukisan Gua Tertua di Indonesia, Berusia 45 Ribu Tahun

- 29 Juni 2021, 15:59 WIB
Temuan lukisan gua tertua bergambar babi hutan di Sulawesi, Indonesia
Temuan lukisan gua tertua bergambar babi hutan di Sulawesi, Indonesia /Reuters/Maxime Aubert/Griffith University/

RINGTIMES BANYUWANGI – Lukisan gua tertua berbentuk babi hutan seukuran manusia ditemukan para arkeolog di gua Indonesia.

Lukisan gua tertua di Indonesia itu nampak berukuran seperti babi hutan aslinya, dan diperkirakan dibuat 45.400 tahun yang lalu.

Temuan lukisan gua tertua di Indonesia itu kemudian diterbitkan di jurnal Science Advice, sebagai bukti awal adanya pemukiman manusia di wilayah tersebut.

Baca Juga: Ahli Virologi AS Sebut China Hapus Data Covid-19 untuk Menutupi Asal-usulnya

Rekan penulis Maxime Aubert dari Universitas Griffith Australia mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa lukisan tersebut ditemukan di Pulau Sulawesi pada tahun 2017.

Lukisan tersebut pertama kali ditemukan di Gua Leang Tedongnge oleh mahasiswa doktoral Basran Burhan, yang saat itu tengah survei dengan pihak berwenang dari Indonesia.

Gua Leang Tedongnge terletak di lembah terpencil yang dikelilingi tebing kapur terjal, dan membutuhkan waktu sekitar satu jam dari jalan terdekat.

Gua Leang Tedongnge hanya bisa diakses saat musim kemarau, karena saat saat musim hujan selalu rawan banjir.

Babi hutan pada lukisan tersebut memiliki jambul pendek dari rambut tegak, serta sepasang kutil wajah seperti tanduk yang menjadi ciri khas jantan dewasa dari spesies tersebut.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x