Kabar Batalnya Indonesia Soal Perjanjian Pembagian Biaya Jet Tempur KF-21 Boramae Jadi Sorotan

- 12 Oktober 2021, 17:25 WIB
Media Korea Selatan turut menyoroti kabar pembatalan Indonesia terkait perjanjiannya dalam pembagian biaya jet tempur KF-21 Boramae.
Media Korea Selatan turut menyoroti kabar pembatalan Indonesia terkait perjanjiannya dalam pembagian biaya jet tempur KF-21 Boramae. /Koreatimes/Yonhap

RINGTIMES BANYUWANGI – Sebuah kabar perihal gagalnya Indonesia pada perjanjian terkait pembagian biaya jet tempur KF-21 Boramae Korea Selatan kini tengah menjadi sorotan dari berbagai negara besar dunia.

Salah satunya adalah media Korea Selatan yang dikabarkan juga menyoroti soal partipasi Indonesia dalam KF-21 Boramae, dilansir dari Zonajakarta melalui Donga.com pada 12 Oktober 2021.

Perlu diketahui, KF-21 Boramae merupakan salah satu program pengembangan senjata terbesar yang ada dalam sejarah Korea Selatan.

Pemerintah Indonesia dikabarkan telah sepakat untuk membantu membayar 20 persen dari biaya pengembangan KF-21 Boramae milik Korea Selatan tersebut sejak beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Insinyur Angkatan Laut Amerika Serikat Bocorkan Rahasia Militer Sensitif AS kepada Agen FBI

Namun, Indonesia hingga kini diketahui belum juga mengambil langkah apapun meski sudah menandatangani kesepakatan akhir terkait pembagian biaya KF-21 Boramae dengan Korea Selatan.

Dilansir dari ZonaJakarta, Kang Dae-shik menyampaikan materi yang diterimanya dari oposisi utama Partai Kekuatan Rakyat dari DAPA pada 10 Oktober 2021 bahwa Indonesia menyelesaikan penyusunan perjanjian akhir soal KF-21 Boramae melalui konsultasi tingkat kerja dengan DAPA.

Penyelesaian penyusunan perjanjian tersebut setelah Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Kunjungan ke Korea Selatan pada bulan April 2021.

Baca Juga: Rusia Ternyata Beri Diskon Besar ke Indonesia untuk Pembelian Sukhoi Su-35, Tak Disangka

Patut diketahui jika Indonesia awalnya setuju untuk membayar KF-21 Boramae 1.45 Miliar dollar AS atau sekitar Rp 20.5 Triliun.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Zona Jakarta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x