Program CSR PT PII Terkait Pembinaan UMKM Kota Situbondo Lahirkan UMKM Naik Kelas

- 17 Desember 2021, 20:00 WIB
Demi mewujudkan lahirnya UMKM yang naik kelas, PT PII menggelar program CSR Pembinaan di Situbondo pada 17 Desember 2021.
Demi mewujudkan lahirnya UMKM yang naik kelas, PT PII menggelar program CSR Pembinaan di Situbondo pada 17 Desember 2021. /Dok. PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/

RINGTIMES BANYUWANGI - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/PT PII, salah satu Special Mission Vehicles (SMV) Kementerian Keuangan RI melalui program tanggung jawab sosialnya (Corporate Social Responsibilities/CSR) menggelar Program CSR Pembinaan pada 17 Desember 2021 di Situbondo.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Situbondo yang merupakan wujud tanggung jawab dan kepedulian sosial PT PII sebagai penjamin proyek Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi dimana proyek ini melalui wilayah Kota Situbondo, Jawa Timur.

UMKM memiliki kontribusi dan peran penting dalam perekonomian nasional dalam hal pembentukan produk domestik bruto serta penyerapan tenaga kerja.

Baca Juga: 5 Cara Kembangkan Pusat Ikan Bakar Pantai Blimbingsari, dari Analisis Bisnis

Sektor UMKM telah terbukti kuat dalam menghadapi krisis ekonomi seperti pada saat krisis ekonomi 1998 ataupun pada saat pandemi Covid-19 yang terjadi sampai saat ini.

Ketahanan UMKM ini menjadi bukti kekuatan UMKM dalam menopang stabilitas keuangan dan ekonomi nasional.

Disamping kesuksesan tersebut, pengembangan UMKM masih menghadapi sejumlah hambatan untuk melahirkan UMKM yang mampu berorientasi ekspor tidak hanya untuk pasar lokal.

Baca Juga: Tim Peneliti Temukan Kekurangan Pusat Ikan Bakar Pantai Blimbingsari, Usaha Bisa Ditingkatkan

Tantangan pengembangan UMKM ini bermuara pada kemampuan dan pengetahuan sumberdaya manusia pada akses modal, akses teknologi, kualitas produk, serta kemampuan manajerial.

Pemerintah sendiri telah merancang target pengembangan UMKM selama lima tahun ke depan seperti dipaparkan dalam Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang RPJM Nasional Tahun 2020-2024.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x