Dendam Sejak Perang Dunia I Jadi Alasan Kuat Rusia Serang Ukraina?

- 25 Februari 2022, 11:27 WIB
Ilustrasi, perang Rusia dan Ukraina
Ilustrasi, perang Rusia dan Ukraina /Pixabay.com/

RINGTIMES BANYUWANGI – Sebelumnya pada hari Kamis, 24 Februari 2022 kemarin, pasukan Rusia melancarkan serangan terhadap Ukraina  yang dimulai dengan ledakan sebelum fajar di ibukota Kyiv dan kota-kota lain. 

Mengenai hal tersebut, Menteri Kesehatan Ukraina mengatakan niat Rusia adalah untuk menghancurkan negara Ukraina, sebuah demokrasi yang tampak ke Barat yang berniat pindah dari orbit Moskow.  

Dampak dari penyerangan tersebut, yakni sekitar 57 warga Ukraina telah tewas dan 169 lainnya terluka sejauh ini dalam apa yang disebut sebagai "perang skala penuh" yang menargetkan negara tersebut dari timur, utara dan selatan.

Baca Juga: Militer Ukraina Tanggapi Serangan Rusia, Kerahkan 5 Sistem Rudal Buk-M1

Lalu, apa sebenarnya alasan di balik serangan Rusia ke Ukraina? Apa yang melatarbelakangi Vladimir Putin menyatakan 'operasi militer khusus'? 

Artikel ini sebelumnya telah diterbitkan di Pikiran-Rakyat.com dengan judul: Membongkar Sejarah Rusia dan Ukraina: Dendam Sejak Perang Dunia I Jadi Alasan Serangan Diluncurkan? 

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari USA Today, berikut sejarah di balik serangan Rusia ke Ukraina. 

1.Mengapa Rusia menginvasi Ukraina? 

Vladimir Putin mengklaim tujuan serangan itu adalah untuk membela penutur bahasa Rusia di Ukraina, terutama di dua republik Donetsk dan Luhansk yang dideklarasikan sendiri, yang meninggalkan kendali Ukraina pada tahun 2014. 

Akan tetapi, Ukraina membantah klaim Moskow bahwa mereka secara paksa mencoba untuk mengambilnya kembali.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x