Keberanian Rakyat Indonesia Menentang Hegemoni AS Membuat Putin Kagum, Pakar Unpad: Kita Bersyukur

- 9 Maret 2022, 14:13 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin/Seorang pakar Unpad mengungkap bahwa Vladimir Putin kagum akan keberanian rakyat Indonesia menentang hegemoni Amerika Serikat.
Presiden Rusia Vladimir Putin/Seorang pakar Unpad mengungkap bahwa Vladimir Putin kagum akan keberanian rakyat Indonesia menentang hegemoni Amerika Serikat. /Pixabay/DimitroSevastopol

RINGTIMES BANYUWANGI – Konflik Rusia Ukraina yang masih terus berlangsung hingga saat ini membuat banyak orang dari berbagai negara termasuk Indonesia yang berusaha untuk memahami urusan global yang sangat kompleks.

Hal ini diungkap oleh Dina Sulaeman, seorang Pakar dari Jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran (Unpad).

Bahkan, menurut Dina Sulaeman, keberanian masyarakat Indonesia untuk menentang hegemoni Amerika Serikat membuat Presiden Rusia Vladimir Putin kagum.

Baca Juga: Akibat Invasi Ukraina, Upaya AS dan Inggris Memboikot Minyak dan Gas Rusia Ditolak Tegas oleh Jerman

"Ketika semua pemimpin dunia lainnya tetap diam tentang intervensi Amerika di seluruh dunia, Putin berdiri sendiri dalam oposisi yang kuat. Banyak dari kita bersyukur bahwa seseorang seperti dia ada," kata Dina Sulaeman kepada SCMP, dikutip dari Pikiran Rakyat pada Rabu, 9 Maret 2022.

Namun ada alasan lain menurut Dina Sulaeman mengapa umat Islam mendukung Rusia dalam invasi di Ukraina.

"Banyak yang percaya pada Hadits Nabi bahwa menjelang akhir zaman, sebuah negara yang dikenal sebagai Rum, yang biasanya diartikan sebagai Rusia, akan bergabung dengan umat Islam untuk melawan musuh besar," katanya.

Baca Juga: Sebut Indonesia Ada Kemungkinan Perang dengan Negara Lain Seperti Rusia dan Ukraina, Menlu: Kita Harus Siap

Sementara itu, Radityo Dharmaputra, kandidat doktor dalam ilmu politik di Institut Studi Politik Johan Skytte, Universitas Tartu, Estonia, mengatakan Rusia telah berusaha untuk meningkatkan citranya dalam hubungannya dengan dunia Muslim setelah berakhirnya Perang Chechnya Kedua pada tahun 2000.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Pikiran-rakyat.com dengan judul Pakar Unpad Sebut Vladimir Putin Kagumi Rakyat Indonesia yang Berani Menentang Hegemoni AS

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x