Berawal dari Kejuaraan Atletik di Banyuwangi, Menko Luhut Cetuskan Kejurda Open

- 19 Maret 2022, 19:39 WIB
Potret Menkomarinvest Luhut Binsar Panjaitan di Lapangan Atletik Tawangalun Banyuwangi, Sabtu (19/3/2022).
Potret Menkomarinvest Luhut Binsar Panjaitan di Lapangan Atletik Tawangalun Banyuwangi, Sabtu (19/3/2022). /Dian Effendi./

RINGTIMES BANYUWANGI – Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Jatim 2022 di Lapangan Atletik Tawangalun Banyuwangi, Sabtu (19/3/2022).  Dari kejuaraan tersebut Luhut yang juga Ketua Umum PB Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) tercetus untuk menggelar Kejurda Open di berbagai daerah.

"Mulai sekarang bisa dibuat Kejurda Open. Dengan demikian atlet dari berbagai daerah bisa ikut serta dalam Kejurda yang digelar di seluruh provinsi di Indonesia. Sekjen PASI bisa segera dibuatkan kalender eventnya," kata Luhut.

“Setiap daerah silakan menyelenggarakan kejuaraan atletik open. Bisa sebulan sekali, atau paling lama dua bulan sekali. Sehingga siapa saja bisa datang untuk bertanding, ini akan lebih mengasah atlet-atlet kita,” kata Luhut.

Baca Juga: Luhut Binsar Panjaitan Kunjungi TPS di Banyuwangi, Ungkap Memisahkan Sampah Itu Penting

Menurut Luhut dengan Kerjurda Open cakupan pesertanya akan lebih luas, sehingga para atlet bisa memiliki banyak kesempatan untuk menambah jam terbang. Selain itu, peluang terciptanya rekor juga kian besar.

Luhut juga mengapresiasi Kejurda yang digelar di Banyuwangi tersebut. Menurut Luhut dengan rutin menggelar kejuaraan seperti ini, akan banyak muncul bibit-bibit atlet atletik. "Apalagi Jawa Timur merupakan salah satu gudangnya atlet atletik," katanya.

Saat ini, lanjut Luhut, pemerintah sedang menyiapkan pusat pelatihan atlet yang bisa melahirkan atlet atletik yang lebih berkualitas.

Baca Juga: Kunjungan Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rangka Meninjau Proses Pengolahan Sampah di Banyuwangi

“Ada satu di daerah Pengalengan, Jawa Barat. Lokasinya 1100 meter di atas permukaan laut, jadi sangat bagus untuk kesehatan paru-paru. Ini sedang kita siapkan, paling lambat tahun depan sudah jadi. Ada juga yang kita bekerja sama dengan PT Freeport, kita siapkan untuk menjaring atlet atletik di yang ada di wilayah timur,” urai Luhut.

Dengan fasilitas tersebut, Luhut menargetkan prestasi cabang olah raga atletik Indonesia bisa kembali terangkat. “Minimal di tingkat Asia. Kami telah menggandeng pelatih dari Jamaika untuk menggembleng sprinter Indonesia. Mudah-mudahan ini berhasil,” kata dia.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x