UMKM Jajanan di Desa Gladag Mencakup Hampir Sebagian Besar Pedagang Gerobak Keliling 'Wayae'

- 25 Maret 2022, 14:23 WIB
A. Chaidir Sidqi selaku Kepala Desa Gladag, Rogojampi, Banyuwangi
A. Chaidir Sidqi selaku Kepala Desa Gladag, Rogojampi, Banyuwangi /Ringtimes Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Gladag merupakan salah satu desa di Kabupaten Banyuwangi. Tepatnya berada di Kecamatan Rogojampi. 

Desa Gladag ini mencakup 4 dusun yakni Dusun Krajan, Dusun Lateng, Dusun Susukan Kidul, dan Dusun Susukan Lor.

Desa Gladag sendiri berbatasan langsung dengan 4 desa lainnya. Seperti Desa Kedaleman di sebelah utara, Desa Gintangan di sebelah timur, Desa Bubuk di sebelah barat, dan desa Mangir di sebelah selatan.

Baca Juga: Pemilihan Ketua PA GMNI Periode 2022-2026 Kabupaten Banyuwangi di Menangkan Hary PR

A. Chaidir Sidqi selaku Kepala Desa Gladag menyebutkan bahwa UMKM unggul yakni jajanan yang umumnya dijajakan oleh gerobak keliling, biasa dikenal dengan sebutan 'wayae' di sejumlah daerah di Kabupaten Banyuwangi. 

Bahkan ia menyebutkan, bahwa produk yang dijajakan oleh para pedagang gerobak keliling 'wayae' ini sebagian besar dari Desa Gladag.

"Warga kita itu banyak yang punya usaha, ada yang kue, ada yang lauk, kadang ada gerang asin, ada peyek, dan lainnya," ujar Kades Gladag dalam keterangannya Jumat, 25 Maret 2022.

Baca Juga: Menjelang Bulan Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Rogojampi Banyuwangi Merangkak Naik

Menurut informasi, produksi dilakukan setiap hari Sabtu sampai Kamis. Sedangkan, di hari Jumat, para pelaku produksi dan pedagang libur.

Chaidir menambahkan, jika pada hari kerja para pedagang sedari pagi sudah berjejer di rumah-rumah warga, menjemput dagangan yang akan dijajakan.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x