Jelang Demo 11 April 2022, Pihak Kepolisian Klaim Tak Akan Gunakan Peluru Tajam

- 10 April 2022, 20:00 WIB
Sejumlah personel polisi mengikuti Apel Gelar Pasukan di halaman Polda Gorontalo, Gorontalo, Minggu, 10 April 2022.
Sejumlah personel polisi mengikuti Apel Gelar Pasukan di halaman Polda Gorontalo, Gorontalo, Minggu, 10 April 2022. /Antara/Adiwinata Solihin/

RINGTIMES BANYUWANGI - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI)  akan menggelar aksi unjuk rasa di Istana Negara pada Senin, 11 April 2022, hal tersebut menjadi perhatian serius aparat kepolisian.

Bahkan, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengarahkan Polda Metro Jaya, dengan berpesan tidak represif terhadap peserta aksi memastikan tidak akan menggunakan peluru tajam saat mengamankan unjuk rasa.

"Kami sudah siapkan, tentunya pelayanan kami kedepankan ke seluruh peserta demo dan tidak gunakan peluru tajam," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Minggu, 10 April 2022.

Baca Juga: Perangkat Siaran Tv Digital Gratis Dari Kominfo, Menyambut Analog Switch Off 2022, Berikut Cara Mendapatkannya

Menurut penuturan Zulpan, Polda Metro Jaya akan mengerahkan personel untuk mengawal aksi yang rencananya akan diikuti 1.000 mahasiswa itu. Namun, ia masih belum mengungkap jumlah personel yang akan bersiaga.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Pikiran-Rakyat.com dengan judul: Kerahkan Personel untuk Amankan Demo 11 April 2022, Polisi Klaim Tak Akan Gunakan Peluru Tajam

"Polda Metro siap mengamankan ya. Kami akan menurunkan kekuatan sebanding dengan kekuatan yang melakukan kegiatan," tuturnya, dikutip dari PMJ News.

Lebih lanjut Zulpan memastikan kembali pelaksanaan unjuk rasa akan dikawal dengan baik dan humanis oleh aparat kepolisian.

Baca Juga: Usai Jalani Pembinaan yang Panjang, Dua Napi Terorisme Ikrarkan Setia NKRI

Hal itu sesuai dengan arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, sehingga tidak mengganggu pada aktivitas masyarakat di bulan suci Ramadhan.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x