Bupati Ipuk Kenang Kisah Kartini Saat Hadiri Bedah Buku Terjemahan Al-Quran Berbahasa Osing

- 21 April 2022, 19:20 WIB
Bupati Ipuk Kenang Kisah Kartini Saat Hadiri Bedah Buku Terjemahan Al-Quran Berbahasa Osing
Bupati Ipuk Kenang Kisah Kartini Saat Hadiri Bedah Buku Terjemahan Al-Quran Berbahasa Osing /Humas Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani hadir dalam acara bedah buku Terjemah Al-Qur'an Bahasa Osing yang dirilis oleh Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq (UIN KHAS) di Hotel El Royal, Banyuwangi pada Kamis 21 April 2022. 

Agenda bedah buku Terjemah Al-Qur'an Bahasa Osing ini juga bertepatan dengan Hari Kartini. Dalam momentum bedah buku dan hari Kartini, Bupati Ipuk mengenang sosok tersebut.

"Kegiatan ini mengingatkan saya pada kisah Kartini. Beliau adalah sosok yang memiliki perhatian tentang Al-Quran, di mana ketika orang mempelajarinya memang perlu paham artinya," kata Ipuk.

Baca Juga: Kunjungi Lapas kelas IIA Banyuwangi, Wamenkumham Apresiasi Kreasi Warga Binaan

Kegelisahan Kartini menurut Ipuk, tertuang pada suratnya kepada salah seorang sahabatnya, Stella EH Zeehandelaar tertanggal 6 November 1899. 

Kartini gelisah karena orang diajari membaca al-Quran, belum secara lengkap diajari artinya. Hal itu mengingat di masa itu masih minim upaya penerjemahan Al-Quran ke dalam bahasa lokal.

Seorang ulama besar asal Semarang sekaligus guru Kartini yakni KH Sholeh Darat, lantas menjawab kegelisahan tersebut. Beliau menuliskan sebuah kitab terjemah Al-Qur'an berbahasa Jawa atas permintaan Kartini.

"Kitab inilah yang kemudian menjadi bacaan penting bagi Kartini sehingga muncul sebuah quote yang begitu populer; Habis gelap terbitlah terang, yang merupakan terjemahan dari salah satu ayat Al-Qur'an: minad dzulumati ilan nur. Ini berdasarkan beberapa penelusuran sejarah kendati tentu ada beberapa versi cerita," jelas Ipuk.

Baca Juga: Wamenkumham Serahkan Gerobak Usaha Pada UMKM Saat Kunjungi Lapas Banyuwangi

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x