Buka Lebih Awal, Wisatawan Bisa Menikmati Blue Fire Kawah Ijen Banyuwangi 

- 27 April 2022, 20:30 WIB
Destinasi wisata Kawah Ijen di Banyuwangi buka lebih awal. Para wisatawan yang hadir bisa menikmati blue fire
Destinasi wisata Kawah Ijen di Banyuwangi buka lebih awal. Para wisatawan yang hadir bisa menikmati blue fire /unsplash.com/Andiko Baskoro

RINGTIMES BANYUWANGI - Pendakian di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi akhirnya dibuka lebih awal. Hal ini menguntungkan wisatawan karena bisa melihat fenomena alam blue flame satu-satunya di dunia ini. 

Hal tersebut terungkap dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, Selasa kemarin (26/4/2022). Surat edaran bernomer SE.902/K2/BIDTEK.1/KSA/04/2022 mengatur tentang waktu pendakian (TWA) Kawah Ijen. 

Kepala Pos TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo membenarkan adanya perubahan jam pendakian di TWA Kawah Ijen.

Baca Juga: Dukung Ijen Geopark, ITB Bakal Riset dan Pengabdian Masyarakat di Banyuwangi

Waktu pendakian di TWA Kawah Ijen akan dimulai pukul 02.00 hingga 12.00 WIB. Perubahan jam pendakian itu berlaku mulai 30 April 2022.

"Benar, ada perubahan jam pendakian TWA Kawah Ijen. Awalnya jam 03.00 WIB ke jam 02.00 WIB," ujarnya, Rabu (27 April 2022). 

Dalam surat edaran tersebut juga menjelaskan, perubahan jam pendakian TWA Kawah Ijen dikarenakan banyaknya masukan dari masyarakat dan aspek teknis lainnya.

Baca Juga: Bupati Ipuk Paparkan Program Infrastruktur Saat Kunjungi Masyarakat Lereng Ijen

Sehingga, setelah mempertimbangkan BBKSDA Jatim akhirnya menyetujui adanya perubahan jam pendakian. 

Kegiatan pendakian wajib mengikuti ketentuan SOP pendakian yang berlaku. Antara lain mempersiapkan peralatan keamanan pendakian dasar (senter, masker, pakaian anti dingin) serta mengikuti protokol kesehatan yang berlaku (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). 

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x