Dinas PU Pengairan Banyuwangi Normalisasi Saluran Menuju Muara Pantai Pakis Rowo

- 13 Juni 2022, 15:20 WIB
Plt Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo.
Plt Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo. /Dok. Dinas Pengairan Banyuwangi Korsda Srono

RINGTIMES BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan telah melakukan normalisasi saluran menuju muara pantai di Lingkungan Pakis Rowo, Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi.

Dalam pelaksanaannya, alat berat turut dikerahkan untuk mengeruk saluran yang sudah dangkal dan banyak ditumbuhi rumput.

"Saluran yang dangkal kembali dikeruk agar aliran air lancar dan tidak terhambat," ungkap Kepala Dinas PU Pengairan, Guntur Priambodo.

Baca Juga: Dinas PU CKPP Banyuwangi Siapkan Tim Khusus untuk Pemeliharaan RTH Secara Berkala

Guntur menjelaskan pelaksanaan normalisasi itu sudah dilakukan sejak Senin, 30 Mei 2022.

Proses normalisasi itu pun sedang berlangsung saat rumah warga di Lingkungan Pakis Rowo tergenang luapan air pada Rabu, 1 Juni 2022 lalu.

Menurut Guntur, normalisasi saluran air tersebut berdampak dalam meningkatkan kapasitas saluran dan memperlancar aliran air menuju muara secara signifikan.

"Meski masih terjadi genangan di permukiman ketika intensitas hujan tinggi dengan durasi lama, adanya normalisasi mengurai genangan sehingga lebih cepat surut dibanding sebelum adanya normalisasi," sambungnya.

Baca Juga: Para Petani Bangorejo Gelar Tradisi Bubak Sawah yang Dihadiri Bupati Ipuk dan Dinas PU Pengairan

Pelaksanaan kegiatan normalisasi itu dimulai dari saluran jalan gerbang Pantai Cemara ke selatan dan saluran muara Pantai Cemara.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x