Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Batu Paving Block Oleh Toni Permana

- 17 Juni 2022, 17:40 WIB
Menjadikan Sampah Plastik Menjadi Paving Block, Toni Permana Menjadi Sosok Inspiratif
Menjadikan Sampah Plastik Menjadi Paving Block, Toni Permana Menjadi Sosok Inspiratif /instagram./ Jabar Quick Response/

RINGTIMES BANYUWANGI - Toni Permana sedang mencuri perhatian Jawa Barat baru-baru ini karena inovasinya yang sangat berguna bagi lingkungan. Toni berhasil mendaur ulang sampah plastik menjadi bahan berguna yakni batu paving block.

Pria warga Kabupaten Bandung Barat itu sengaja mengambil plastik untuk di daur ulang karena di mulai dari keresahan hatinya melihat sampah yang berserakan di lingkungan rumahnya.

Melihat sampah yang berserakan hingga mengganggu kesehatan dan pemandangan, lantas membuat hatinya terketuk untuk memperbaiki lingkungan rumahnya.

Ia berinisiatif mengumpulkan sampah-sampah khususnya sampah plastik dari selokan dan sekitar sekolahan terdekat agar dapat di ubah menjadi bahan berguna. 

Baca Juga: Gunung Ile Lewotolok Lembata NTT Kembali Mengalami Erupsi, Ketinggian Abu Kurang Lebih 1.000 Meter

Inisiatif ini di mulai sejak tahun 2017. Adapun sampah plastik yang dikumpulkan berupa bekas bungkus kopi, mie, dan bungkus sampo, yang diantaranya juga merupakan pemberian dari tetangganya, seperti yang dilansir dari Jabar Qiuck Response pada 17 Juni 2022.

Selain itu, Toni mengakui ide ini juga terinspirasi ketika dirinya mengunjungi warga Jawa Tengah yang mulai gencar memproduksi batu paving block dari sampah plastik.

Melihat inovasi dari warga Jawa Tengah itulah muncul ide di benak Toni untuk mulai di lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Kemenag Ogah Sebut Lembaga Pendidikan Khilafatul Muslimin Sebagai Pesantren

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: Jabar Quick Response


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x