Gunung Ile Lewotolok Lembata NTT Kembali Mengalami Erupsi, Ketinggian Abu Kurang Lebih 1.000 Meter

- 17 Juni 2022, 16:30 WIB
Ilustrasi- Gunung Ile Lewolotok Lembata Nusa Tenggara Timu kembali mengalami erupsi, warga diminta waspda akan potensi bahaya
Ilustrasi- Gunung Ile Lewolotok Lembata Nusa Tenggara Timu kembali mengalami erupsi, warga diminta waspda akan potensi bahaya /Pexels.com/Joy Anne Pura


RINGTIMES BANYUWANGI - Gunung Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur kembali mengalami erupsi dengan ketinggian abu kuranglebih 1.000 meter di atas puncak gunung.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat," ungkap Kepala Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok Stanis Arakian di Lembata dikutip dari antaranews.com Jumat 17 Juni 2022.

Stanis menjelaskan, erupsi Gunung Ile terekam di seismogram dengan aplitudo maksimum 33 milimeter dan durasi kurang lebih 48 detik.

Lebih lanjut Stanis menuturkan bahwa erupsi kali ini disertai gemuruh yang lemah.

Baca Juga: Menjadikan Sampah Plastik Menjadi Paving Block, Toni Permana Menjadi Sosok Inspiratif

Letusan dipengaruhi oleh pemanasan lava dari dalam kawah sehingga memicu Gunung Ile terus erupsi.

Hasil evaluasi secara menyeluruh pada 8 Juni 2022 aktivitas Gunung Ile Lewolotok berada dalam kondisi siaga (level III) dengan rekomendasi yang disesuaikan potensi ancaman bahaya terkini.

Pada tingkat kondisi level tersebut, masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak atau kawah gunung.

Pun dengan para pendaki dan wisatawan, himbauan itu juga berlaku.

Radius 3,5 km untuk sektor tenggara, radius 4 km untuk sektor timur dan timur laut. 

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x