Uang Rekening Raib dalam 5 Menit , Berikut 4 Modus Begal Terbaru Soceng

- 20 Juni 2022, 18:50 WIB
Poster warning penipuan soceng/Twitter @ojkindonesia
Poster warning penipuan soceng/Twitter @ojkindonesia /

RINGTIMES BANYUWANGI - Kejahatan pada rekening hingga kini masih meresahkan masyarakat. Kali ini, warga harus waspada karena penipuan baru semakin marak dengan mengatasnamakan pihak perbankan dengan istilah Social Engineering alias Soceng.

Soceng adalah teknik manipulatif yang memanfaatkan kesalahan manusia untuk mendapatkan informasi pribadi, akses, atau barang berharga.

Pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberi peringatan kepada seluruh masyarakat agar tetap berhati-hati. Hal ini disebarkan melalui laman resmi @ojkindonesia yang menjelaskan empat modus begal rekening Soceng, yakni sebagai berikut:

Baca Juga: Dua Kali Viral Daging Babi, Pemprov DKI Jakarta Siap Periksa Seluruh Rumah Makan Padang di Jakarta

1. Info Perubahan Tarif Transfer Bank

Di dalam modus ini, pelaku mulanya akan berpura-pura sebagai pegawai bank yang menghubungi korban dengan alasan ingin menyampaikan informasi perubahan tarif transfer bank.

Jika sudah mendapat sasaran empuk, penipu akan meminta korban mengisi link formulir yang mempersyaratkan memberi tahu data pribadi seperti PIN, OTP, dan password.

2. Tawaran Menjadi Nasabah Prioritas

Penipu akan menggunakan taktik sebagai agen penawaran iklan upgrade menjadi nasabah prioritas dengan segudang rayuan promosi.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: OJK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x