Gotong Royong Gerakkan Ekonomi, HIPMI Banyuwangi Bedah Rumah Tak Layak Huni dengan Teknologi Risha

- 1 Juli 2022, 15:45 WIB
Hipmi Banyuwangi  yang membedah rumah warga miskin dengan teknologi rumah instan sederhana sehat Risha
Hipmi Banyuwangi yang membedah rumah warga miskin dengan teknologi rumah instan sederhana sehat Risha /Dok. Pemkab Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI - Tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, dengan skema gotong royong Banyuwangi melakukan bedah rumah terhadap ribuan rumah tak layak huni milik warga. 

Salah satunya yang dilakukan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Banyuwangi  yang membedah rumah warga miskin dengan teknologi rumah instan sederhana sehat (Risha).

Salah satunya, rumah yang direnovasi oleh Hipmi adalah milik dua warga Banyuwangi, Hawiyah warga Dusun Gebud, Desa Pendarungan, Kecamatan Kabat; dan rumah milik Siami, Dusun Krajan, Desa Macan Putih, Kecamatan Kabat. 

Baca Juga: Lantik 435 Kepsek SD, Bupati Ipuk: Kuncinya Inovasi dan Kolaborasi

"Terima kasih atas dukungan Hipmi terhadap program bedah rumah yang digalakkan oleh pemkab. Bedah rumah tidak hanya sekedar memperbaiki rumah saja. Namun juga turut mengurangi kemiskinan dan menggerakkan ekonomi masyarakat. Penanganan kemiskinan tidak bisa dilakukan sendiri, tapi harus gotong royong oleh banyak pihak," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, saat melakukan peletakan batu pertama di rumah milik Hawiyah, Jumat 1 Juni 2022.

Menurut Ipuk, gotong royong membantu warga miskin ini adalah bentuk solidaritas sosial yang terus ditumbuhkan pemkab ke seluruh warga. 

"Sejak 2015 pemkab telah menggalakkan program bedah rumah. Tahun ini lebih dari 1500 rumah tak layak huni akan diperbaiki. Skema pembiayaannya dilakukan dengan skema gotong royong banyak pihak," tambah Ipuk. 

Baca Juga: Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini, Banyuwangi Akan Perkuat Layanan PAUD Holistik Integratif

Tidak hanya dari pemerintah, namun pemkab juga mengajak dunia usaha untuk gotong royong melakukan bedah rumah. 

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x