Cuaca Ekstrem Melanda Banyuwangi, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

- 5 Januari 2023, 07:03 WIB
Prakirawan BMKG Banyuwangi Dita memantau cuaca ekstrem di wilayah Banyuwangi. Hal ini ditandai  adanya angin kencang dari pagi sampai sore.
Prakirawan BMKG Banyuwangi Dita memantau cuaca ekstrem di wilayah Banyuwangi. Hal ini ditandai adanya angin kencang dari pagi sampai sore. /Balighotul Hikmah.doc

RINGTIMES BANYUWANGI - Cuaca ekstrem melanda Banyuwangi sejak tahun baru 1 Januari 2023. Hal ini ditandai dengan adanya angin kencang yang berlangsung dari pagi sampai sore hari. Potensi cuaca ekstrem tengah terjadi hampir di seluruh wilayah Banyuwangi.

Mengutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi terdapat cuaca ekstrem serta angin kencang untuk wilayah Jawa Timur dalam sepekan kedepan. Cuaca ekstrem ini mempengaruhi lalu lintas perairan, darat, dan udara di Banyuwangi.

Penyebab dari cuaca ekstrem ini adalah adanya pola tekanan rendah Ex-TC Ellie di Australia bagian Utara. Ex-TC Ellie menyebabkan pertemuan angin di wilayah Pulau Jawa. Ex-TC Ellie merupakan bekas siklon tropis yang telah punah dan masih ada sisanya.

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Penyebrangan ASDP Ketapang Meningkat Tajam

Menurut Dita selaku Prakiawan BMKG Banyuwangi cuaca perlu diwaspadai. Sebab kecepatan angin melebihi ≥20 knot atau 40km/jam. Angin kencang ini berlangsung dari pagi hingga sore hari di wilayah Jawa Timur.

“Saat ini potensi cuaca ekstrem didarat dan dilaut sama saja. Terdapat peningkatan kecepatan angin sehingga masyarakat perlu waspada” jelas Dita. Wilayah Jawa Timur saat ini juga masih berada di puncak musim hujan. Hal ini yang menyebabkan adanya peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah.   

BMKG Banyuwangi menghimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrem. Sebab Banyuwangi masih berada pada musim hujan. Masyarakat diharapkan juga tetap memantau informasi terkini terkait cuaca ekstrem yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Lalu Lintas Banyuwangi Lancar

Cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat dan petir. Selain itu, juga berpotensi adanya angin kencang dalam beberapa waktu kedepan. Cuaca ekstrem akan berlangsung hingga 8 Januari 2023. BMKG Banyuwangi akan terus mengupdate informasi kepada masyarakat untuk lebih mawas diri.

Banyuwangi memiliki berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam waktu dekat. BMKG Banyuwangi berharap masyarakat tetap waspada dalam berpartisipasi selama cuaca tidak membahayakan.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x