Sejarah Terbentuknya Federasi Sepak Bola di Indonesia

- 1 Juli 2022, 16:33 WIB
Sejarah Terbentuknya Federasi Sepak Bola di Indonesia. PSSI adalah organisasi olahraga yang menaungi sepak bola di Indonesia
Sejarah Terbentuknya Federasi Sepak Bola di Indonesia. PSSI adalah organisasi olahraga yang menaungi sepak bola di Indonesia /PSSI

RINGTIMES BANYUWANGI  – Para pencinta bola Indonesia pasti sering mendengar atau membaca nama PSSI. Kepanjangan dari kata PSSI merupakan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

PSSI adalah organisasi olahraga yang menaungi sepak bola di Indonesia dan sudah terdaftar sebagai anggota di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Asean Football Federation (AFF), Asia Football Confederation (AFC) dan Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Dilansir ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com dari laman resmi pssi.org, Jumat 1 Juli 2022 berikut sejarah terbentuknya federasi sepak bola di Indonesia.

Baca Juga: Liga Inggris : Eric Ten Hag Tepis Rumor Kepergian Scott Mctominay

PSSI dibentuk 19 April 1930 di Yogyakarta. PSSI dilahirkan di Zaman penjajahan Belanda, Kelahiran PSSI masih terkait dengan kegiatan politik menentang penjajahan.

karena dibidani politisi bangsa yang baik secara langsung maupun tidak. Sejarah sepak bola Indonesia tak bisa dilepaskan dari Sumpah Pemuda. Dorongan mendirikan PSSI berasal dari anak-anak muda yang terlibat dalam deklarasi Sumpah Pemuda.

Ir Soeratin Sosrosoegondo, berperan besar di awal berdirinya PSSI. Sebagai pemuda yang gemar bermain sepak bola, beliau melihat bahwa organisasi sepak bola menjadi medium yang pas untuk mendorong pergerakan Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober 1928. sepak bola menjadi olahraga yang amat populer saat itu banyak pemuda memainkannya.

Soeratin menyelesaikan pendidikan dari Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg Jerman tahun 1927. Setelah lulus Soeratin kembali ke tanah air pada tahun 1928. Ketika kembali Soeratin bekerja di sebuah perusahaan bangunan Belanda "Sizten en Lausada" yang berpusat di Yogyakarta. 

Baca Juga: 5 Calon Kandidat Kuat Top Skor Liga Inggris Musim 2022 2023, Halaand Akan Berikan Kejutan

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: pssi.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x