Deretan Sanksi Dunia kepada Vladimir Putin atas Invasi Rusia ke Ukraina, Beserta Aksi Protes Pemblokiran Lain

- 3 Maret 2022, 12:10 WIB
Terdapat beberapa sanksi dunia kepada Vladimir Putin atas invasi Rusia ke Ukraina, terutama negara-negara Barat.
Terdapat beberapa sanksi dunia kepada Vladimir Putin atas invasi Rusia ke Ukraina, terutama negara-negara Barat. /Unsplash/UX Gun

RINGTIMES BANYUWANGI - Terdapat beberapa sanksi dunia kepada Vladimir Putin atas invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai sejak Kamis, 24 Februari 2022, beserta aksi protes pemblokiran lain yang tengah dihadapi negara yang mendapat julukan tirai besi itu.

Hingga sampai saat ini, Rusia menghadapi isolasi yang semakin dalam dari negara Barat dan gejolak ekonomi melalui deretan sanksi yang secara efektif telah memutus lembaga keuangan utama Moskow dari pasar Barat.

Tidak hanya itu, aksi pemblokiran wilayah udara untuk pesawat Rusia, beberapa bank Rusia dari sistem pembayaran Internasional SWIFT, dan membatasi kemampuan Moskow untuk menggunakan cadangan devisanya senilai $630 miliar.

Baca Juga: Warga Rusia di Korea Protes Presidennya sambil Membawa Poster Bertuliskan ‘Adolf Putin’: Ini Kekacauan

Padahal, bank-bank Rusia sangat terintegrasi ke dalam sistem keuangan global dan negara tirai besi itu merupakan salah satu produsen energi terbesar di dunia, yang mana sanksi negara-negara Barat atas invasi Rusia ke Ukraina dapat mengganggu ekonomi seluruh dunia.

Dilansir dari laman Reuters pada Kamis, 3 Februari 2022, berikut deretan sanksi dunia kepada Vladimir Putin atas invasi Rusia ke Ukraina.

-Sanksi Pemerintah

1.Amerika Serikat memberlakukan sanksi terhadap bank sentral Rusia dan sumber kekayaan lainnya.

Baca Juga: Tim Medis Khawatir, Sejumlah Anak Pengidap Kanker Terjebak di Tengah Perang Rusia dan Ukraina

Sejak Presiden Vladimir Putin memerintahkan pengerahan pasukan ke dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina Timur, pada tanggal 21 Februari, selanjutnya Biden mengumumkan tahap pertama sanksi Rusia pada 22 Februari 2022 yang menargetkan bank Rusia beserta utang negara.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x