1 Juta Pengungsi Melarikan Diri dari Ukraina Akibat Invansi Rusia, Sudah Saatnya Senjata Berhenti

- 3 Maret 2022, 18:24 WIB
Invansi Rusia telah berlangsung dalam seminggu dan sekitar 1 juta orang telah meninggalkan Ukraina dengan begitu cepatnya.
Invansi Rusia telah berlangsung dalam seminggu dan sekitar 1 juta orang telah meninggalkan Ukraina dengan begitu cepatnya. /Tangkap layar postingan akun Instagram @dy365.in

RINGTIMES BANYUWANGI - Sudah seminggu invansi Rusia ke Ukraina berlangsung yang dimulai sejak tanggal 24 Februari 2022. 

Akibat dari invasi yang dilakukan oleh Rusia membuat penduduk Ukraina ketakutan dan memilih mengungsi di negara tetangga. 

Setidaknya sudah 1 juta orang meninggalkan Ukraina sejak dimulainya invasi Rusia, sehingga PBB memperingatkan secara resmi bahwa telah terjadi krisis pengungsi terbesar pada abad ini. 

Baca Juga: Kharkiv Dibombardir Rudal, Ukraina Semakin Geram: Dunia Harus Hentikan Rusia Sekarang!

Sebagaimana dilansir dari laman AlJazeera pada Kamis, 3 Maret 2022, berdasarkan perhitungan Komisaris Tinggi PBB Ukraina memiliki populasi sejumlah 44 juta orang, dan dalam 7 hari saja sudah banyak orang melintasi perbatasan.

Badan tersebut juga mengatakan bahwa mungkin saja ada 4 juta orang yang akan meninggalkan Ukraina, karena dalam seminggu ini sudah ada 1 juta orang yang mengungsi. 

Seperti yang dijelaskan oleh Joung-ah Ghedini-Williams selaku juru bicara UNHCR, melalui email "Data kami menunjukkan bahwa kami melewati angka 1 juta," dengan akhir perhitungan pada tengah malam di Eropa tengah. 

Baca Juga: Serang Balik Situs Anonymous, Hacker Rusia: Media Kita Tidak Lumpuh, Serangan Hanya Sebatas Teks

Akibat eksodus atau perpindahan besar-besaran, membuat Flippo Grandi selaku Komisaris Tinggi PBB angkat bicara melalui Twitternya. 

Dia mengatakan bahwa dalam kondisi yang seperti ini maka sudah waktunya bagi senjata untuk diam, agar bantuan kemanusiaan bisa datang dan menyelamatkan orang-orang yang ketakutan. 

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x