5 Pernyataan Pemerintah Indonesia Terkait Serangan Militer di Ukraina: Keselamatan WNI adalah Prioritas

- 4 Maret 2022, 13:40 WIB
Simak 5 pernyataan resmi dari pemerintah Indonesia terkait serangan militer di Ukraina oleh Rusia, keselamatan WNI menjadi prioritas.
Simak 5 pernyataan resmi dari pemerintah Indonesia terkait serangan militer di Ukraina oleh Rusia, keselamatan WNI menjadi prioritas. /Tangkapan layar Kementerian Luar Negeri/kemlu.go.id/

 

RINGTIMES BANYUWANGI - Ukraina kini telah mengalami krisis akibat serangan militer yang dilakukan oleh Rusia. Pemerintah Indonesia bahkan mengeluarkan pernyataan resmi untuk menanggapi isu tersebut. 

Sudah satu minggu sejak Rusia melakukan serangan militer terhadap Ukraina. Perang yang terjadi tentu menyebabkan berbagai hal buruk dan jika dibiarkan bisa menjadi semakin parah. 

Salah satu yang terjadi akibat serangan militer Rusia ke Ukraina adalah WNI yang mungkin saja terjebak di negara tersebut. Oleh sebab itu, salah satu pernyataan pemerintah Indonesia adalah menegaskan terkait keselamatan WNI. 

Baca Juga: Tak Berikan Suara dalam Voting di PBB Terkait Rusia-Ukraina, AS Siapkan Sanksi untuk India

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri atau Kemlu mengeluarkan 5 pernyataan untuk menanggapi serangan militer di Ukraina. Dilansir dari laman resmi kemlu.go.id pada Jumat, 4 Maret 2022, pemerintah berusaha dengan keras untuk melakukan evakuasi pada WNI yang masih berada di negara konflik. 

Selain tindakan evakuasi pada WNI, pemerintah juga menegaskan bahwa Indonesia mendesak PBB untuk segera mengambil tindakan atas perang yang terjadi. Perang mengakibatkan berbagai kondisi menjadi buruk. 

Melalui perang tidak menjamin bahwa konflik dapat terselesaikan, maka pemerintah Indonesia menyatakan agar dilakukan diplomasi untuk menyelesaikan masalah. Berikut 5 pernyataan resmi yang tertuang di dalam laman resmi Kemlu.

Baca Juga: Zakhida Adylova Korban Invasi Rusia ke Ukraina Menulis Buku Harian: Anakku Membuatku Memiliki Harapan

1. Penghormatan terhadap tujuan dan prinsip piagam PBB dan hukum internasional, termasuk penghormatan terhadap integritas wilayah dan kedaulatan, penting untuk terus dijalankan.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x