Tak Berikan Suara dalam Voting di PBB Terkait Rusia-Ukraina, AS Siapkan Sanksi untuk India

- 4 Maret 2022, 13:00 WIB
Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi. Amerika Serikat beri isyarat sanksi terhadap India usai abstain dari pemungutan suara pada resolusi Majelis Umum PBB terkait invasi Rusia.
Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi. Amerika Serikat beri isyarat sanksi terhadap India usai abstain dari pemungutan suara pada resolusi Majelis Umum PBB terkait invasi Rusia. /REUTERS/Adnan Abidi.

RINGTIMES BANYUWANGI - Baru-baru ini Amerika Serikat mengisyaratkan sanksi terhadap India atas pembelian sistem rudal dari Rusia. Negara itu disebut sebagai negara Asia Selatan yang terus menyeimbangkan hubungan antara Barat dan Moskow.

Hal tersebut muncul usai India abstain dari pemungutan suara pada resolusi Majelis Umum PBB (UNGA) untuk mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

Donald Lu selaku diplomat senior AS menyampaikan pernyataan tersebut kepada Joe Biden.

Baca Juga: Warga Eropa Alami Panic Buying dan Borong Obat Pelindung Radiasi, Antisipasi Nuklir Rusia

Kendati begitu, AS masih mempertimbangkan sanksi tersebut dengan harapan India akan mulai menjauhkan diri dari Rusia.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Pikiran-Rakyat.com dengan judul: India Pilih 'Golput' dalam Pemungutan Suara di PBB soal Ukraina-Rusia, AS Siapkan Sanksi

"Apa yang bisa saya katakan adalah bahwa India mitra keamanan yang sangat penting bagi kami sekarang dan kami menghargai untuk memajukan kemitraan itu," kata Donald Lu, dikutip dari Independen pada Jumat, 4 Maret 2022.

"Saya berharap bahwa bagian dari apa yang terjadi dengan kritik ekstrem yang dihadapi Rusia, adalah bahwa India harus menjauhkan diri dari Rusia mulai sekarang," sambungnya.

Baca Juga: Sempat Trending di Twitter, ARMY BTS Menggalang Dana untuk Korban Perang di Ukraina

Dia menjelaskan bahwa keputusan India untuk abstain dari pemungutan suara di PBB bisa berpengaruh pada sanksi di tengah gejolak di Ukraina.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x