Ukraina Selatan Dikepung Rusia, 1,5 Juta Orang Telah Mengungsi, Putin Tegaskan Zelensky Bersikap Netral

- 6 Maret 2022, 13:06 WIB
Hari kesebelas operasi militer Rusia ke Ukraina, sebanyak 1,5 juta orang telah mengungsi ke sejumlah negara tetangga pada Minggu.
Hari kesebelas operasi militer Rusia ke Ukraina, sebanyak 1,5 juta orang telah mengungsi ke sejumlah negara tetangga pada Minggu. /Unsplash/UX Gun//

RINGTIMES BANYUWANGI - Di hari kesebelas operasi militer Moskow, sebanyak 1,5 juta orang telah mengungsi pada Minggu 6 Maret 2022, karena dua kota di Ukraina Selatan dikepung Rusia, Mariupol dan Volnovakha.

Putaran pembicaraan lain direncanakan pada hari Senin setelah pembicaraan gencatan senjata sebelumnya gagal, dan Kyiv menuntut tindakan Barat lebih lanjut, termasuk lebih banyak sanksi dan senjata untuk Ukraina.

Dilansir dari laman Reuters pada 6 Maret 2022, 1,5 juta orang telah mengungsi ke negara tetangga di Polandia, Rumania, Slovakia, dan tempat lain.

Baca Juga: Tak Berikan Suara dalam Voting di PBB Terkait Rusia-Ukraina, AS Siapkan Sanksi untuk India

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya menegaskan bahwa dia menginginkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersikap netral, karena tujuan Putin untuk membela komunitas berbahasa Rusia melalui ‘demiliterisasi’ dan ‘de-Nazifikasi’, sehingga bekas tetangga Rusia Soviet tidak akan mengancam Rusia.

Namun, Ukraina dan negara-negara Barat telah menolak dengan dalih tak berdasar untuk invasi Rusia pada 24 Februari dan memberlakukan berbagai sanksi dengan tujuan mengisolasi Moskow.

Sementara itu, kepada sekelompok pramugari di pusat pelatihan Aeroflot dekat Moskow, Putin menyampaikan bahwa bahwa sanksi Barat terhadap Rusia mirip dengan deklarasi perang.

Baca Juga: Kekalahan Kedua Ukraina, Pembangkit Nuklir Zaporizhia Berhasil Direbut Rusia

“Sanksi yang dikenakan ini mirip dengan deklarasi perang, tetapi syukurlah tidak sampai ke sana,” kata Putin yang dikutip dari Reuters.

Halaman:

Editor: Suci Arin Annisa

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x