Kekalahan Kedua Ukraina, Pembangkit Nuklir Zaporizhia Berhasil Direbut Rusia

- 4 Maret 2022, 17:12 WIB
Setelah alami kekalahan pertamanya pada 2 Maret 2022 lalu, kini pembangkit nuklir Zoporihzhia jatuh ke tangan Rusia.
Setelah alami kekalahan pertamanya pada 2 Maret 2022 lalu, kini pembangkit nuklir Zoporihzhia jatuh ke tangan Rusia. /Tangkapan layar Instagram @ukraina.online

RINGTIMES BANYUWANGI - Usai taklukkan Kota Kherson 2 Maret lalu, tentara Rusia berhasil merebut satu lagi wilayah di Ukraina pada Jumat, 4 Maret 2022.

Kini dikabarkan pembangkit nuklir di Zaporizhia Ukraina berhasil diduduki oleh militer Rusia setelah terjadi pertempuran sengit.

Kabar jatuhnya Zaporizhia di Ukraina itu sudah diumumkan oleh pemerintah Ukraina melalui akun resmi sosial media mereka.

Baca Juga: Tak Berikan Suara dalam Voting di PBB Terkait Rusia-Ukraina, AS Siapkan Sanksi untuk India

"Personel operasional saat ini sedang memantau kondisi unit tenaga," ucap lembaga Nuklir Ukraina, Inspectorate dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Taiwan News pada Jumat, 4 Maret 2022.

Artikel ini sebelumnya telah terbit di Pikiran-Rakyat.com dengan judul: Satu Lagi Wilayah Ukraina Menyerah, Pembangkit Nukilir Zaporizhia Sudah Jatuh ke Tangan Rusia

Ukraina mengatakan pasukan Rusia menyerang pabrik pada dini hari Jumat, membakar fasilitas pelatihan lima lantai yang berdekatan.

Menteri Energi AS Jennifer Granholm mengatakan pada hari Kamis bahwa reaktor di pembangkit listrik Zaporizhzhia "dilindungi oleh struktur penahan yang kuat dan reaktor sedang ditutup dengan aman".

Baca Juga: Zakhida Adylova Korban Invasi Rusia ke Ukraina Menulis Buku Harian: Anakku Membuatku Memiliki Harapan

Granholm mengatakan di Twitter dia telah berbicara dengan menteri energi Ukraina tentang situasi di pabrik. Dia mengatakan tidak ada pembacaan radiasi yang tinggi di dekat fasilitas itu.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x