Eksekusi Massal Terbesar yang Pernah Tercatat, 81 Orang Tewas di Arab Saudi

- 13 Maret 2022, 17:05 WIB
   Ilustrasi eksekusi.*
Ilustrasi eksekusi.* /Pixabay /kerttu

RINGTIMES BANYUWANGI - Baru-baru ini, Arab Saudi telah membunuh 81 tersangka penjahat pada Sabtu 12 Maret 2022 kemarin. Eksekusi massal terbesar yang tercatat dalam sejarah modern kerajaan.

Mereka yang terbunuh telah dihukum karena berbagai kejahatan, termasuk pembunuhan, milik kelompok militan seperti al-Qaeda dan mendukung pemberontak Houthi Yaman .

Eksekusi diumumkan oleh Saudi Press Agency yang dikelola negara, yang tidak merinci di mana mereka terjadi, pentingnya waktu, atau metode pembunuhan – meskipun kerajaan biasanya memenggal kepala narapidana.

Sebagian besar tahanan yang terbunuh adalah orang Saudi, kata badan tersebut. Tujuh warga Yaman dan satu warga Suriah juga tewas.

Baca Juga: Sekitar 13 Ribu Pengungsi Ukraina Melarikan Diri, 7 Warga Sipil Tewas Saat Konvoi Evakuasi dari Kyiv

“Terdakwa diberikan hak untuk didampingi pengacara dan dijamin hak penuh mereka di bawah hukum Saudi selama proses peradilan, yang menyatakan mereka bersalah melakukan berbagai kejahatan keji yang menyebabkan sejumlah besar warga sipil dan petugas penegak hukum tewas,” Saudi kata Badan Pers, dilansir dari NY Post.

"Kerajaan akan terus mengambil sikap tegas dan teguh terhadap terorisme dan ideologi ekstremis yang mengancam stabilitas seluruh dunia," tambah laporan itu.

Kritikus Raja Salman dan putranya Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengatakan hukuman mati itu tidak adil dan tertutup.

Baca Juga: Volodymyr Zelensky Dinilai Tak Peduli Rakyatnya, Israel Minta Ukraina untuk 'Menyerah'

“Dunia harus tahu sekarang bahwa ketika Mohammed bin Salman menjanjikan reformasi, pertumpahan darah pasti akan terjadi,” kata Soraya Bauwens, wakil direktur Reprieve, sebuah kelompok advokasi yang berbasis di London.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh

Sumber: NY Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x