Jokowi Akan Bertemu Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky di Moskow dan Kyiv

- 22 Juni 2022, 19:30 WIB
Presiden Jokowi dijadwalkan akan kunjungi Kyiv dan Moskow akhir Juni
Presiden Jokowi dijadwalkan akan kunjungi Kyiv dan Moskow akhir Juni /Instagram/@jokowi

RINGTIMES BANYUWANGI - Presiden republik Indonesia sekaligus Ketua anggota G20 Joko Widodo akan mengunjungi Moskow, Rusia untuk bertemu Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky yang di mana akan membahas dampak ekonomi dan kemanusiaan dari invasi

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan pada Rabu, 22 Juni 2022 bahwa Presiden Jokowi akan bertemu dua presiden negara yang tengah berseteru, Vladimir Putin dan Volodymyr Zelensky.

Pertemuan ini tidak dapat mengesampingkan adanya kontroversi berkat keputusan Indonesia untuk tetap mengundang Rusia di Pulau Bali, Indonesia pada November mendatang, meskipun kejahatan perang masih terjadi di Ukraina.

Baca Juga: Gempa Bumi 6.1 Magnitudo Melanda Negara Afghanistan, Sekitar 155 Orang Meninggal Dunia

Indonesia yang menjabat sebagai presiden bergilir G20 tahun ini telah mendapat tekanan dari beberapa negara Barat, yang dipimpin oleh Amerika Serikat untuk mengucilkan Rusia dari pertemuan tersebut.

Retni Marsudi mengatakan Widodo akan mengunjungi Kyiv dan Moskow setelah mewakili Indonesia sebagai negara tamu pada KTT G7 di Jerman pada 26 dan 27 Juni.

Kunjungi Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin Asia pertama yang melakukan perjalanan ke kedua negara sejak pertempuran dimulai.

Namun, Retno Marsudi tidak memberikan pastil tanggal kunjungan Presiden Jokowi, tetapi Menteri Kemanan, Mahfud MD pada Senin, 21 Juni 2022 mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan bertemu dengan Vladimir Putin pada 30 Juni.

Baca Juga: Mantan Perdana Menteri Malaysia: Seharusnya Singapura dan Kepulauan Riau Bagian dari Kita

Sebuah laporan dari kantor berita negara Rusia, Tass, pada awal bulan ini, juga telah mengumumkan tanggal yang sama.

Halaman:

Editor: Al Iklas Kurnia Salam

Sumber: France 24


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x