USAID Dukung Banyuwangi Perkuat Satu Data hingga Upaya Turunkan Stunting

- 16 Juli 2022, 08:15 WIB
United States Agency for International Development (USAID) mendukung Banyuwangi untuk memperkuat satu data hingga upaya penurunan stunting
United States Agency for International Development (USAID) mendukung Banyuwangi untuk memperkuat satu data hingga upaya penurunan stunting /Dok. Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendapatkan dukungan dari Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development/USAID) untuk penguatan tata kelola pemerintahan.

Melalui program ERAT (Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat), USAID akan membantu pemkab melakukan pendampingan sejumlah program yang tengah dijalankan Banyuwangi.

Antara lain penguatan layanan satu data, peningkatan indeks pendidikan masyarakat (IPM), serta penurunan angka stunting.

Baca Juga: Kesigapan Polisi Banyuwangi dalam Menangani Kasus Pencurian Handphone

"Bantuan yang diberikan ini menyesuaikan dengan kebutuhan kondisi daerah. Dalam kerjasama ini, mulai 2023-2026 tim USAID ERAT akan memberikan pendampingan dan bantuan teknis kepada jajaran pemkab untuk penguatan tiga hal tersebut," kata Dina Limanto, Koordinator Provinsi USAID ERAT saat berkunjung ke Banyuwangi, pekan lalu.

USAID ERAT merupakan program kerjasama pemerintah Amerika Serikat bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meningkatkan tata kelola pemerintah daerah.

Selain Banyuwangi, program USAID ERAT juga dilaksanakan di 29 kabupaten/kota di 6 Provinsi se-Indonesia.

Baca Juga: Inovatif dalam Ekosistem Pendidikan PGP Jadi Kunci Sukses Membangun SDM

Dina lalu membeber bahwa dipilihnya Banyuwangi karena telah memenuhi sejumlah indikator yang telah ditetapkan. Di antaranya inovasi, tingkat IPM, dan leadership.

“Kami menilai Banyuwangi sudah leading. Inovasinya sangat beragam, sehingga diharapkan lewat program yang kita garap bersama ini akan memantik ide-ide inovasi baru di Banyuwangi, sehingga bisa direplikasi daerah lain," ujar Dina.

Halaman:

Editor: Shofia Munawaroh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x