Kendalikan Hama Tikus, Pemkab Banyuwangi Fasilitasi 342 Rumah Burung Hantu

- 29 Agustus 2022, 10:15 WIB
Pemkab Banyuwangi fasilitasi 342 rubuhan untuk menanggulangi hama tikus yang merajalelala di Kabupaten Banyuwangi
Pemkab Banyuwangi fasilitasi 342 rubuhan untuk menanggulangi hama tikus yang merajalelala di Kabupaten Banyuwangi /Dok. Pemkab Banyuwangi

RINGTIMES BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi mengendalikan hama tikus pertanian dengan menggunakan burung hantu (Tyto Alba).

Pemkab Banyuwangi memfasilitasi 342 rumah burung hantu (rubuha) untuk disebar ke sejumlah wilayah pertanian yang tingkat populasi tikusnya tinggi.

"Ini lebih ramah lingkungan. Selain mengurangi penggunaan pestisida, juga mendukung pelestarian burung hantu yang ternyata sangat bermanfaat bagi petani. Hewan ini merupakan predator alami tikus sehingga bisa melindungi tanaman petani,” kata Bupati Ipuk Fiestiandani, Senin 29 Agustus 2022.

Baca Juga: Sendratari Meras Gandrung Banyuwangi Kembali Digelar Tiap Pekan

Ipuk sendiri sempat meninjau lahan pertanian yang telah difasilitasi pemkab rumah burung hantu di sela program Bupati Ngantor di Desa (Bunga Desa) di Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, pada 24 Agustus 2022 lalu.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi M. Khoiri menjelaskan, burung hantu dipilih sebagai predator dikarenakan memiliki kemampuan mendeteksi mangsa dari jarak jauh.

“Hewan ini memiliki pendengaran yang sangat tajam serta mampu terbang dan menyergap mangsanya dengan cepat tanpa suara,” paparnya.

Ukuran tubuhnya relatif lebih besar, mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dan cepat berkembang biak. Dalam sehari, kata Khoiri, burung hantu besar dapat memangsa tikus hidup sebanyak 3-5 ekor dengan jangkauan terbang hingga 12 km.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi dan BPJS Tumbuhkan Semangat Wirausaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan untuk Ahli Waris

Halaman:

Editor: Rika Wulandari

Sumber: Pemkab Banyuwangi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x