Festival Petik Sungai, Cara Banyuwangi Lestarikan Ekosistem Sungai

- 17 Oktober 2022, 10:59 WIB
Warga Desa Karangdoro, Banyuwangi memiliki cara unik untuk melakukan konservasi ekosistem air. Mereka menggelar Petik Sungai.
Warga Desa Karangdoro, Banyuwangi memiliki cara unik untuk melakukan konservasi ekosistem air. Mereka menggelar Petik Sungai. /dok. Pemkab Banyuwangi/

RINGTIMES BANYUWANGI – Warga Desa Karangdoro, Banyuwangi memiliki cara unik untuk melakukan konservasi ekosistem air. Mereka menggelar Petik Sungai, aktivitas membersihkan sungai dari sampah dan sedimentasi.

Baca Juga: Bupati Ipuk Kembali Lesehan Bareng Kades, Bahas Stunting sampai Masalah Sampah

Festival yang berlangsung di Dam Bendung Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, Minggu (16/10/2022) tersebut berlangsung sangat meriah. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pun hadir dalam kemeriahan festival tersebut.

 Baca Juga: KPK Tetapkan Desa Sukojati Banyuwangi Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

Warga desa ramai-ramai turun ke sungai untuk membersihkan dasar sungai. Sebelum pelaksanaan Petik Sungai, pintu air bendungan ditutup untuk mengeringkan sungai hingga dasar sungai hampir terlihat.

Saat air menyusut inilah, anak-anak muda bersama warga sepanjang sungai membersihkan sampah yang tersangkut. Anak-anak juga ikut menceburkan ke sungai untuk mencari ikan karena air dibendung.

Baca Juga: Waketum PBNU Apresiasi Pelayanan Publik di Pemkab Banyuwangi

Ditambah lagi penyelenggara menyediakan ratusan ikan berukuran besar, yang dilepas ke sungai untuk diperebutkan. Saat ikan dilepas, anak-anak dan warga setempat yang berada di sungai langsung berlarian berebut mencari ikan tersebut.

"Ini hanya salah satu cara saja agar masyarakat  sekitar turut serta dalam membersihkan sampah dan menjaga ekosistem sungai," kata Kepala Desa Karangdoro, Sunaryo.  

Bupati Ipuk berharap kegiatan ini bisa berlangsung secara kontinu, dan diikuti dengan kesadaran warga menjaga sungai, serta mendukung upaya pelestarian sumberdaya air.

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x