Peringatan Satu Abad NU, Santri Mambaul Huda Tampilkan Lalaran Alfiyah Kolosal

- 10 Januari 2023, 12:55 WIB
Shalawat dan Festival Tradisi Islam Nusantara menampilkan berbagai pertunjukkan, diantaranya persembahan lalaran alfiyah kolosal.
Shalawat dan Festival Tradisi Islam Nusantara menampilkan berbagai pertunjukkan, diantaranya persembahan lalaran alfiyah kolosal. /Fitri Anggiawati / Ringtimes Banyuwangi


RINGTIMES BANYUWANGI- Shalawat dan Festival Tradisi Islam Nusantara yang digelar di Stadion Diponegoro Banyuwangi pada 9 Januari 2023 melibatkan ribuan peserta untuk berbagai tampilan pertunjukan. 

Di antaranya adalah persembahan penampilan lalaran alfiyah kolosal yang diikuti oleh lima Pondok pesantren (Ponpes) di Banyuwangi.

Pesantren-pesantren tersebut yakni Darussalam (Blokagung), Mambaul Huda (Krasak-Tegalsari), Mabadiul Ihsan (Karangdoro-Tegalsari), Roudlotus Salam (Glenmore), dan Manbaul Ulum (Berasan, Muncar).

Baca Juga: Hadiri Harlah NU, Jokowi Ajak Umat Lestarikan Budaya Nusantara

“Jumlah santri yang mewakili pondok kami ada 50 santri putri dan 75 santri putra,” ungkap Disa yang merupakan Koordinator Pondok Pesantren Mambaul Huda kepada Ringtimes Banyuwangi pada 9 Januari 2023. 

Ia juga mengungkap bahwa dirinya dan teman-temannya menjadi penampil mewakili sekolah dengan persiapan yang singkat karena baru mendapatkan pengumuman seleksi pada 20 Desember 2022.

Seluruh siswa ingin menjadi bagian dari penampil lalaran alfiyah kolosal dan disebutnya cukup menyita waktu.

Baca Juga: Bersarung Hijau, Jokowi Tiba di Banyuwangi

Lalaran alfiyah adalah buku syair berirama yang dihafalkan dan terdiri dari beberapa bab atau nadhom. 

Halaman:

Editor: Dian Effendi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x